oleh

Bakal Sampaikan Pidato Kenegaraan di Gedung MPR/DPR Hari Ini, Jokowi Pakai Baju Adat Apa?

Beritamusi.co.id | Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini dijadwalkan akan menghadiri Sidang Tahunan MPR dan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke 76 RI di Gedung MPR/DPR, Senin (16/8/2021).

“Esok (hari ini) Presiden @jokowi akan menyampaikan pesan ke seluruh rakyat Indonesia dalam #PidatoPresiden2021,” tulis akun twitter Sekretariat Kabinet @setkab.go.id yang dikutip, Senin (16/8/2021).

Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI pada pukul 08.30 WIB.

Kemudian pukul 10.30 WIB, Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka RUU APBN Tahun 2022 berserta Nota Keuangan

“Jam 8.30 Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR & Sidang bersama DPD & DPR. Jam 10.30 Pidato Presiden RI Pengantar atas RAPBN tahun 2022,” tulis akun Setkab.

Adapun pidato Presiden akan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden dan saluran TV nasional.

Jokowi Pakai Baju Apa?

Jokowi dalam pidato kenegaraan pada tahun 2017, 2019 dan 2020 memakai baju adat saat pidato sidang tahunan. Yakni pada sidang Tahunan 2017, Jokowi mengenakan pakaian adat Bugis.

Kemudian tahun di 2019, Jokowi mengenakan baju adat Sasak NTB. Lalu di tahun 2020, Jokowi mengenakan baju adat Sabu, NTT.

Sementara Pada 2018, Jokowi tidak mengenakan baju adat, namun memakai pakaian formal dengan balutan jas.

Kepala Sekretariat Presid Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi mengaku belum
mengetahui baju adat yang akan dipakai Jokowi hari ini dalam pidato kenegaraan.

“Belum ada bocoran (pakai baju adat apa),” kata Heru saat dikonfirmasi Suara.com, Senin (16/8/2021).

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memastikan persiapan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI sudah selesai secara keseluruhan dan siap digelar pada Senin (16/8) secara sederhana dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin kata Bamsoet akan hadir secara langsung.

“Karena kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring. Sidang Tahunan digelar secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Presiden dan wakil presiden akan hadir secara fisik di Kompleks Parlemen,” kata Bamsoet usai gladi bersih Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Dia menjelaskan, jumlah undangan Sidang Tahunan MPR RI mencapai 1.125 undangan, terdiri dari 60 undangan yang hadir secara fisik, 975 undangan yang hadir secara virtual, dan 90 undangan “streaming”.

Menurut dia, undangan hadir fisik antara lain untuk Presiden, Wakil Presiden, para Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY. (Suara.com)

Komentar

Berita Lainnya