oleh

Siap Amankan Pilkada, Personil Polres Mura Rutin Latihan Dalmas

MUSIRAWAS | Jajaran Polres Mura memastikan siap mengamankan pelaksanaan pesta demokrasi, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Mura tahun 2020. Hal itu ditunjukan, hampir setiap minggunya seluruh personil Satuan Shabara Polres Mura telah rutinkan giat latihan Kemampuan Dalam Pengendalian Massa (Dalmas). 

Untuk pengamanan sendiri, sedikitnya Polres Mura siagakan kekuatan satu Kompi Pasukan Dalmas. 

Kapolres Mura, AKBP Suhendro Sik melalui Kasat Sabhara AKP Yulfikri menegaskan, dalam pelaksanaan pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020, berlangsung serentak. Tentunya, pengamanan serangkaian pilkada menjadi tanggung jawab besar TNI-Polri. Untuk itu jajaran Polres Mura, telah mengulirkan segala siapanya. 

“Sudah dua pekan kita Sat-Shabara rutin latihan Dalmas. Untuk latihan sendiri, kita terus gulirkan sampai dengan pelaksanaan pilkada berlasung,”terang Yulfikri ketika dibincangi ruang kerjanya, Jum’at (14/2) siang. 

Lebih jauh, pria mantan Kapolsek Tugumulyo menyebutkan dalam pelaksanaan pengamanan nanti. Pihaknya, akan mebagi tugas masing-masing personil.

“Untuk berapa banyak personil, dalam satu Kompi Dalmas sebanyak 93 orang di bagi lagi menjadi peleton dalmas awal dan peleton dalmas inti,”bebernya.

Tugas sendiri, Sambung Yulfikri menambahkan kalaulah nanti personil dalmas diberi bekal tugas mengamanan pergerakan massa pendukung melakukan unjuk rasa. Kemudian, tugas lainya mengamankan pelaksanaan pemungutan suara. 

“Yang jelas, semua nantinya rangkaian materi latihan daĺmas secara insentif diberikan. Kemudian berbagai sistem pengamanan massa dari tingkatan yang paling ringan hingga kemungkinan nanti bilamana terjadinya aksi anarkis dan kekerasan, sudah harus bisa diantisipasi dari sekarang,”tandasnya. 

“Selain itu juga dirutinkan berlatih. Tujuanya, untuk mengingat kembali materi materi dalmas sebelumnya, meningkatkan kesiapan setiap personil baik fisik maupun mental sehingga dapat menjaga badan tetap fit dan bugar,”tukasnya. (NURDIN) 

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *