oleh

Timbun Ribuan Liter Solar, Warga Desa Sebagin Ini Ditetapkan Tersangka

Simpangrimba | Rudi (45) warga Desa Sebagin, Kecamatan Simpangrimba, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kini resmi menyandang status tersangka setelah diduga terlibat tindak pidana ilegal oil atau penimbunan BBM.

Kasus tersebut terungkap berawal saat Satreskrim Polres Basel pimpinan AKP Daniel Albert Tampubolon mengendus adanya praktek ilegal di daerah itu pada Rabu (29/1) dini hari.

Saat dilakukan penggerbekan di rumah tersangka, polisi berhasil menemukan 3.200 liter BBM jenis Solar yang ditempatkan didalam 160 jerigen minyak ukuran 20 liter.

Kasatreskrim Polres Basel AKP Daniel Albert Tampubolon mengatakan usai tersangka ditangkap, dirinya kemudian menunjukkan ruang tempat penimbunan BBM di dalam rumahnya.

“Setelah di interogasi lebih lanjut tersangka akhirnya mengaku masih menyimpan ratusan jerigen di dalam kapal miliknya di pinggir pantai Desa Sebagin,” ujarnya, Jumat (31/1).

Pada saat itu, petugas dengan cepat bergerak ke sana. Lalu didapati BBM jenis Solar sebanyak 140 jerigen di dalam kapal di bawah satu GT dengan mesin tempel yang ada di TKP.

“Tersangka mengakui semua solar tanpa izin itu miliknya dan berasal dari OKI, Sumatera Selatan. Ia beli di sana dan dijual kembali secara umum di desa sebagin dan sekitarnya,” katanya.

Kepada Polisi juga Rudi mengatakan bahwa praktik ilegal tersebut sudah dia lakukan selama 6 bulan terakhir. Dari aktivitas itu, ia mendapat keuntungan sebesar Rp20 ribu per jerigennya.

“Jika di rupiahkan, 160 jerigen solar itu bernilai kurang lebih 26 juta. Kami akan uji lab untuk mengetahui asal BBM dari mana agar bisa memastikan pelaku diancam pasal yang sesuai,” ujarnya.

Sebab, kalau BBM berasal dari SPBU pasti ada standarisasi jenis solar yang sudah ditetapkan. Bisa saja dioplos sehingga untuk mengetahui hal itu setelah hasil uji lab keluar.(Doni)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *