oleh

Tahun 2020, Polres Basel Fokus Kejar Predikat ZI Menuju WBK & WBBM

Toboali | Polres Basel menggelar rapat persiapan dalam rangka penilaian Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Tim Penilaian Internal (TPI).

Rapat yang digelar di ruang Rajawali Polres Basel, Selasa (29/1) kemarin dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji bersama Wakapolres Kompol Sarwo Edi Wibowo.

Turut hadir para Kepala bagian, satuan dan kepala polisi sektor. Kepala seksi dan kanit polsek jajaran. Kata AKBP Ferdinand, Polres Basel sejak tahun 2016 telah mencanangkan pembangunan ZI menuju WBK.

“Tahun 2018 berdasarkan hasil evaluasi dari tim penilai internal Mabes Polri, Polres Basel menjadi satu satker yang diajukan untuk mendapatkan penilaian dari Menpan RB,” ujarnya, Jumat (31/1).

Kemudian 2019 lalu pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM dlanjutkan kembali. Penerapan pembangunan zona ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat karena berlaku pada pelayanan kepolisian.

“Nah untuk tahun 2020 ini, Polres Basel kembali siap untuk dinilai. Makanya ini kita bahas pencanangan kegiatan ZI tahun 2020 serta analisa dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Untuk itu, ia menekankan pentingnya 6 kompenen pengungkit pembangunan ZI. Manajemen perubahan, tata laksana, penataan sistem manajemen SDM dan penguatan pengawasan.

“Penguatan akuntabilitas dan peningkatan pelayanan publik di Polres Basel. Poin dari anev pembangunan ZI yaitu akan melakukan perbaikan¬† internal, untuk mendukung perbaikan pelayanan publik,” ujarnya.

Bentuk pelayanan seperti peningkatan fasilitas maupun pembayaran harus sesuai dengan PNBP yang telah ditetapkan baik di pelayanan SKCK dan SIM. Langkah nya ialah perubahan mindset/pola pikir.

“Contohnya dengan cara memberikan arahan langsung pada apel jam pimpinan oleh kapolres, wakapolres. Kemudian hari berikutnya akan dilaksanakan oleh kasat setiap satuan,” terangnya.

Mantan Kapolres Donggala, Polda Sulteng tersebut menambahkan, polres telah informasikan kegiatan kepada masyarakat melalui medsos. Dan terima aduan terkait dengan pelayanan yang ada di lingkungan Polres Basel. (Doni)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *