oleh

Kajati Babel Sebut Wartawan Bersertifikat Penting Sebagai Syarat Keanggotaan Forwaka

PANGKALPINANG | Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Bangka Belitung, Ranu Mihardja SH MH menyebutkan wartawan yang memiliki sertifikat uji kompetensi sangatlah penting sebagai salah satu syarat keanggotaan masuk Forum Wartawan Kejaksaan (Forwaka).

“Saya 30 tahun lebih menjadi jaksa dan sudah sangat tahu betul dengan sifat wartawan. Sehari-hari kehidupan saya selalu dekat dan bergaul dengan wartawan. Jadi kalau ada wartawan yang sudah kompeten atau memiliki sertifikat itu bagus agar wartawan Forwaka bukan hanya profesional tapi punya integritas,” ujar Ranu Mihardja saat menerima audiensi kunjungan Forwaka Babel di aula Kejati, Jumat (24/1/2020).

Disebutkan mantan Direktur Penuntutan KPK ini, dirinya meminta seluruh wartawan yang ada di Bangka Belitung dikumpulkan agar semuanya bisa diakomodir masuk anggota Forwaka yang sudah terbentuk ini. 

“Dalam waktu dekat saya berharap semua wartawan dikumpulkan dan dibuat pengumuman siapa saja yang mau bergabung di Forwaka. Jika ada yang berminat silahkan, tapi jangan ganggu nama baik Forwaka. Jangan sudah bergabung nantinya mencoreng dan minta-minta untuk kepentingan pribadi. Jika ada yang terbukti, saya sarankan laporkan saja oknum tersebut ke kepolisian,” tegas Ranu Mihardja, mantan mahasiswa Pascasarjana Fakultas Hukum, jurusan Hukum Kenegaraan di UGM.

Dalam audiensi dengan Forwaka Babel, Ranu Mihardja yang didampingi Asintel Kejati, Jonny William Pardede, SH,.MH sempat banyak bercerita pengalamannya dengan wartawan.

Mantan Kasi Penkum di Kejaksaan Provinsi Yogyakarta selama 6 tahun ini mengatakan ada sebanyak 8 golongan wartawan.

“Wartawan itu adalah pekerjaan mulia. Saya tekankan berkerjalah profesional, punya integritas dan soliditas. Jangan jadi wartawan abal-abal yang kerjanya menakut-nakuti orang dan ujungnya minta duit. Ada wartawan yang gak punya surat kabar, hanya modal kartu pers mencari duit dengan tidak benar. Itu saya tegaskan jangan ada di lingkungan kejaksaan,” pesan Ranu.

Dalam kesempatan tersebut, Ranu Mihardja juga berjanji dalam waktu dekat akan menyediakan fasilitas kantor sekretariat buat Forwaka di Kejati.

“Ya dalam waktu dekat saya sudah pesankan sama Pak Asintel agar dibuat kantor buat Forwaka. Nantinya teman-teman yang bergabung di Forwaka maupun wartawan lain bisa kumpul disana. Kami sediakan lengkap dengan fasilitasnya. Jika ada makanan kue-kue dan minuman kita sediakan, jika tidak ada artinya lagi kosong,” kata Ranu berpesan akan terus menjalin hubungan baik dengan wartawan dan akan mengunjungi kantor bahkan rumah wartawan jika berkesempatan. (Doni)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *