oleh

Jalan Tak Kunjung di Aspal, Warga Pijar Melayu Tagih Janji

TOBOALI | Sedikitnya 80 warga Pijar Melayu Dusun Air Lubang, Kecamatan Keposang, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menagih janji komitmen Legislatif terkait pengaspalan jalan didaerahnya.Mereka kecewa, karena tidak meratanya pembangunan.

Menurut Kepala Dusun (Kadus) Air Bulang, Basri ketidakmerataan ini membuat masyarakat menilai bahwa pembangunan di ‘Negeri Junjung besaoh’ ini seolah tebang pilih.

“Sejak berdirinya kampung kami,jalan kampung seperti ini juga. Belum diaspal.Selama ini kami kecewa banyak janji – janji politik sebelumnya,”keluhnya usai audensi dengan DPRD Basel,Selasa(7/1/2019).

Basri mengatakan pada tahun 2015, warga juga sudah menyampaikan keluhan belum dilakukan pengaspalan sepanjang 3 kilometer.Namun, kata Basria, sampai saat ini belum ada tanggapan lebih lanjut dari Pemkab Basel maupun DPRD Basel.

“Kami ini asli masyarakat melayu tapi kenapa belum juga diaspal,kampung lain udah ada yang diaspal.Kampung kami ini ada 300 lebih kepala keluarganya adalah kampung tertua dan penduduknya asli melayu,”jelasnya.

Hal senada juga dikeluhkan Kades Keposang, Rakhmat Sutarman. Dikemukakanya bahwa belum diaspalnya di Jalan Pijar Melayu Dusun Air Lubang membuat banyak warga yang terserang penyakit saluran pernapasan,ISPA karena debu bila musim kemarau.

“Banyak warga yang berobat ke Puskemas karna penyakit ISPA akibat dari terkena debu jalan dari banyaknya kendaraan yang lewat bila musim kemarau.Bukan hanya karena debu,bila musim hujan seperti sekarang ini jalan menjadi becek karna tanah kuning,”katanya.

Rakhmat menambahkan berdasarkan hasil audensi, Pemkab Basel belum melakukan pengaspalan karna jalan tersebut masuk dalam kawasan hutan produksi.Dan hasil dari audensi yang dihadiri langsung Ketua DPRD Basel,Camat Toboali serta pihak- pihak terkait akan dilakukan pengaspalan pada tahun 2021 mendatang.

“Banyak program – program yang udah masuk kampung seperti KB,Pamsimas dan udah ada PLN tapi belum juga diaspal.Padahal jalan tersebut merupakan jalan usaha tani,nelayan bahkan wisata setempat.Harapanya jangan nunggu tahun depan,bila perlu tahun 2020 ini segera diaspal,”tukasnya.

Terpisah,Ketua DPRD Basel Erwin Asmadi berjanji akan memperjuangkan aspri warga Pijar Melayu Dusun Air Lubang. Pihaknya akan segera mengecek status jalan (lahan) yang akan dilakukan pengaspalan pada 2021 mendatang.

“Pada dasarnya DPRD Basel siap perjuangan aspirasi.Akan cek status demi kepentingan masyarakat agar tidak ada masalah dikemudian hari. Intinya kami siap menganggarkanya karna ini kebutuhan prioritas,”tegasnya.(AFA)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *