oleh

Serap Aspirasi Konstituen, 45 Anggota DPRD OKI Gelar Reses

Ogan Komering Ilir | Serap aspirasi dari wilayah konstituennya, 45 anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar masa reses selama lima hari terhitung mulai tanggal 14 hingga 19 November 2019.

Masa reses ini merupakan bentuk penyerapan anggota dewan terpilih terhadap aspirasi di wilayah konstituen masing-masing.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Hj Nila Utami mengatakan, untuk menjaring aspirasi dari para konstituen di wilayah pemilihannya, 50 anggota dewan kini tengah menggelar reses. Agenda reses ini dilaksanakan Kamis-Selasa (14-19/11/2019).

Menurutnya, Agenda reses telah diatur dalam undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam Pasal 161 Huruf I, J, K disebutkan bahwa anggota DPRD mempunyai beberapa kewajiban, seperti menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala.

“Sesuai agenda yang telah dirapatkan dalam Bamus, para anggota DPRD Kabupaten OKI tengah menggelar reses di wilayah pemilihannya masing-masing. Ini untuk menjaring aspirasi masyarakat yang akan dituangkan dalam rencana pembangunan daerah,” kata dia Kamis (14/11).

Sementara itu, Ketua DPRD OKI, Abdiyanto Fikri, S.H.,M.H mengatakan, Reses merupakan salah satu pintu masuk bagi bagi masyarakat menyampaikan usulan terhadap berbagai pembangunan kepada anggota Dewan untuk disampaikan  ke  Pemerintah Kabupaten OKI, agar dijadikan program di tahun yang akan datang.

“Pada umumnya, usulan yang disampaikan warga melalui reses ini, antara lain  minta dibangunkan Infrastruktur jalan, Air bersih, perbaikan jembatan, dan banyak lagi. “Setelah digelar reses, para anggota dewan ini harus membuat laporan tertulis kepada pimpinan DPRD dan kepada sekretaris dewan (Sekwan),’’katanya.

Dirinya berharap, momentum reses ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para anggota DPRD OKI menjadi refleksi untuk mengabdikan diri kepada kepentingan masyarakat dan bisa memperjuangkannya.*

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *