oleh

FIFA Jalin Kerja Sama dengan ASEAN

THAILAND I FIFA dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengumumkan secara resmi telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk kerja sama dalam peningkatan kualitas sepakbola di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11/2019).

Nantinya, melalui kerja sama ini kedua pihak akan memanfaatkan sepakbola untuk membantu pembangunan sosial dan gaya hidup sehat di wilayah ASEAN.

Perjanjian itu ditandatangani oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi di sela-sela pertemuan para pemimpin ASEAN. Hadir juga dalam acara tersebut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang sebelumnya juga melakukan pertemuan khusus dengan Infantino.

“Ini adalah kehormatan dan kesenangan bagi kami untuk berada di sini. Saya sangat gembira dengan perjalanan yang kita mulai hari ini (kemarin). Adalah tugas kita bersama yang datang ke sini untuk bekerja sama dan berinvestasi dalam sepakbola bagi para anak-anak muda kita, putra dan putri Anda, karena seperti kita tahu sepakbola adalah sekolah kehidupan,” ucap Infantino, dikutip laman resmi FIFA.

“Sepakbola, dan olahraga secara umum, adalah cara strategis untuk menyatukan orang, mempromosikan konektivitas antarmasyarakat yang lebih luas, dan menjadikan ASEAN lebih kuat sebagai satu komunitas. Sebagaimana diamanatkan oleh kesepuluh Negara Anggota ASEAN, merupakan kehormatan bagi saya untuk mengumumkan kemitraan ASEAN dengan FIFA, melalui penandatanganan nota kesepahaman ini,” timpal Dato Lim.

Berbagai bidang yang akan dikolaborasi oleh FIFA dan ASEAN, diantaranya adalah terkait pendidikan, khususnya implementasi program sepakbola untuk sekolah FIFA guna mengembangkan keterampilan hidup dan pendidikan jasmani melalui sepakbola untuk anak laki-laki dan perempuan di sekolah seluruh Asia Tenggara.

Ada juga penerapan strategi bersama untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan partisipasi inklusif dalam sepakbola, terutama bagi perempuan dan komunitas yang terpinggirkan.

Fokus utama lainnya adalah kampanye perlindungan anak dalam sepakbola serta peningkatan integritas olahraga dengan meningkatkan kesadaran akan pertandingan yang bersih dan adil, perang melawan manipulasi pertandingan dan anti doping.

Adanya kerja sama ini juga menjadi satu awalan yang baik bagi ASEAN yang ingin mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Indonesia menjadi salah satu motor pencalonan tersebut yang akan bergandengan dengan Australia. FIFA juga sudah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (*)

Sumber: goal.com

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *