oleh

Kades Sukamaju Ajak Masyarakat dan Siswa Lakukan Jum’at Bersih

MUBA I Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu Desa berkembang di Kabupaten Musi Banyuasin. Dalam beberapa waktu terakhir Desa Sukamaju terus meciptakan trobosan-trobosan kegiatan yang bermanfaat dengan mengajak berpartisipasi warganya pada kegiatan keagamaan, sosial dan lingkungan, Jum’at (21/09/2018).

Sesuai dengan program kerja rutin Pemerintah Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat, Kepala Desa mengajak Masyarakat, Aparatur Desa dan Siswa-Siswi SMKN 1 Babat Supat lakukan kegiatan Jum’at Bersih.

Kepala Desa Sukamaju Ayatullah Komayni, A.Md menjelaskan Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkugan, melakukan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga fasilitas-fasilitas umum yang disediakan Pemerintah.

“Dilaksanakan kegiatan Jum’at Bersih  secara tidak langsung kita mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, melakukan pola hidup bersih dan sehat serta mengajak masyarakat menjaga dan memelihara fasilitas umum milik pemerintah,” katanya saat ditemui  pada kegiatan Jum’at Bersih di lingkungan kantor Pemerintah Desa Sukamaju.

Ia menambahkan kegiatan ini secara konsisten akan dilaksanakan yang berfokus di tempat-tempat umum seperti Lingkungan Kantor Pemerintahan Desa, Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan Jalur lintas sepanjang Desa Sukamaju.

“Kita akan konsisten untuk kegiatan Jum’at Bersih atau gotong royong ini. Fokus kita di lingkungan kantor pemerintahan Desa, TPU dan dipinggir jalur lintas sepanjang Desa Sukamaju.”

“Seperti diketahui dibeberapa titik tepatnya di dusun VI di lahan kosong sepanjang 150 M dipinggir jalan dipenuhi tumpukan sampah. Diduga selain masyarakat sekitar juga ada pengguna jalan lintas timur Palembang-Jambi secara sengaja membuang sampah ditempat tersebut,” ungkapnya menceritakan temuanya di lapangan.

Ia berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kedepan Pemerintah Desa akan membuat PERDES untuk mengatur ini.

“Kita berharap masyarakat sadar dan dapat menjaga kebersihan. Kedepan Pemerintah Desa akan berkoordinasi untuk membuat Peraturan Desa (PERDES) yang mengatur ini, apabila kedapatan masih membuang sampah sembarangan akan ditindak ditempat secara tegas,” tandas Kades Ayatullah.

Babinkamtibmas Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat Bripka Andri, SH yang juga hadir pada kegiatan Jum’at Bersih itu mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Sukamaju.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Pemerintah Desa Sukamaju mengajak warganya dan siswa-siswi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Kita akan terus bantu menjaga dan mengawasi oknum-oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan bila kedapatan akan kami tindak di tempat. Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut secara konsisten bila perlu tiap jum’at,” harap Bripka Andri saat menghadiri kegiatan Jum’at Bersih.

Sementara itu, Ali Nurahman selaku staf tata usaha SMKN 1 Babat Supat yang juga merupakan Aktivis Lingkungan di Komunitas Pecinta Alam KPA GEMAPAKA MUBA, mengatakan ini suatu program yang bagus mengajak para siswa menunjukan rasa kepedulian dengan lingkungan. Kemudian ini juga sebagai momen silaturahim warga Sekolah, Pemerintah Desa dan Masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan.

“Harapanya dengan kegiatan seperti ini masyarakat sadar tidak membuang sampah sembarangan lagi. Selain itu juga diperlukan kerja sama dengan Pemrintah Kabupaten agar disediakan Bak Sampah setiap Desa sehingga masyarakat tidak lagi binggung  membuang sampah,” kata Ali Nurahman.(Syaikodir)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *