oleh

Pemerintah Dorong Penyelesaian Masalah Internal Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie di acara pembukaan Rampinas Golkar, yang diselenggarakan di JCC Senayan, Sabtu, Minggu 23 Januari 2016. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie di acara pembukaan Rampinas Golkar, yang diselenggarakan di JCC Senayan, Sabtu, Minggu 23 Januari 2016. (CNN Indonesia/Andry Novelino).

JAKARTA I Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, kehadiran dirinya bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar untuk mendorong penyelesaian masalah internal partai beringin.

“Kami hadir di pembukaan Rapimnas, sesuai arahan presiden untuk mendorong supaya Golkar bisa menyelesaikan masalah internalnya,” kata Luhut usai menghadiri pembukaan Rapimnas di Hall JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu malam (23/1).

Luhut menyambut baik pidato politik Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Bali, Aburizal Bakrie (Ical) yang menyatakan akan mewacanakan penyelesaian masalah internal melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Sehingga, Luhut pun berharap agar hal itu dapat segera terealisasi.

“Seperti kita dengar pidato Aburizal Bakrie, tidak terlalu lama akan ada langkah dari Golkar untuk selesaikan internalnya,” kata Luhut.

Sementara, Menkumham Yasonna Laoly menilai wacana Munaslub dalam pidato politik Aburizal Bakrie, merupakan solusi terbaik yang dapat menyelesaikan masalah internal Partai Golkar.

Apalagi, Politikus PDI Perjuangan itu berpendapat, Munaslub sudah sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) partai. Dengan demikian, Yasonna menyebutkan pemerintah akan mendukung dan mendorong penyelesaian masalah internal Golkar sesuai dengan mekanisme.

“Kita dorong proses AD/ART. Saya percaya benar dari pembicaraan-pembicaraan kita dengan beberapa pihak, saya kira sudah ada kesepahaman selesaikan masalah ini dengan baik sesuai AD/ART,” tandasnya.

Selain itu, Yasonna mengimbau kepada Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Ancol, Agung Laksono agar mau bersama-sama bergabung menyelesaikan persoalan melalui gelaran Munaslub yang telah diwacanakan dalam Rapimnas.

“Saya imbau teman-teman kubu Agung Laksono supaya mari bersama-sama bersatu kembali jika nanti Munaslub dilaksanakan di situlah duduk bersama menyelesaikan persoalan,” ucap Yasonna.

Sebelumnya, Ical memunculkan wacana penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan diselenggarakan sebelum memasuki bulan puasa.

Pernyataannya itu tertuang dalam pidato politiknya di Rapimnas Partai Golkar. Ical mengatakan penyelenggaraan Munaslub merupakan jawaban atas realitas politik yang terjadi pada saat ini

“Pada hemat saya, dalam situasi normal, barangkali Munaslub tidak diperlukan. Tetapi kondisi partai yang kita cintai ini mungkin membutuhkan metode penyelesaian di luar jalur normal,” kata Ical.(cnnindonesia.com)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *