oleh

Drainase Buruk Diduga Jadi Pemicu ‘Banjir Dadakan’

BATURAJA I Seringnya terjadi banjir dadakan yang kerap menimpa warga di Dusun I RT 01 Desa Mendingin Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU saat musim hujan tiba membuat masyarakat mengeluh setidaknya ada 50 rumah di desa tersebut yang kerap menjadi korban langganan banjir, diduga sistem drainase yang buruk menjadi pemicu.

Kepala desa Mendingin Martambang didampingi sekretaris desa mendingin Saukani SE menyatakan, kondisi air yang melimpah dibadan jalan hingga masuk ke pemukiman penduduk tersebut, telah terjadi selama lebih dari 1 tahun terakhir.

“Di RT 01 dusun I itu saat hujan lebih dari 50 rumah, air masuk ke pemukiman,” kata Martambang.

Menurutnya, air yang meluap hingga ke badan jalan tersebut terjadi karena sistem drainase yang buruk. Selain drainase yang berukuran kecil, kerusakan yang terjadi pada drainase tersebut pun menjadi faktor lain air yang meluap ke badan jalan hingga masuk ke pemukiman.

Sementara pantauan dilapangan, drainase yang terletak di salah satu sisi desa Mendingin tersebut kini kondisinya memprihatinkan. Ukuran drainase yang hanya sekitar 20×30 CM tersebut, sebagian kini sudah mulai rusak parah. Bahkan, sebagian drainase yang rusak, membuat sejumlag ruas jalan desa di desa ini amblas.

“Kalau mungkin bisa diperbaiki dengan anggaran Banpus yang kita kelolah akan kita perbaiki, tapi kita juga berharap adanya perhatian dari pemerintah,” pungkasnya (Deni A. Saputra)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *