oleh

Prajurit Indobatt Tenarkan Marawis Islami di Darfur

TNIEL GENEINA I Banyak cara yang digunakan oleh para Prajurit Kontingen Garuda untuk memenangkan hati rakyat di wilayah misi yang dilaksanakan, salah satunya seperti dilakukan oleh Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Batalyon Komposit (Satgas Yon Komposit) TNI Konga XXXV-A/Unamid (United Nations African Union Mission in Darfur) atau Indobatt (Indonesian Battalion) dibawah pimpinan Letkol Inf M. Herry Subagyo selaku Komandan Satgas Indobatt, yang saat ini berada di Darfur.

Tidak hanya melaksanakan misi perdamaian sebagai Peacekeeper, namun melakukan pendekatan melalui kebudayaan Islam. Diantara kebudayaan dan kesenian Islam yang juga dikenal oleh masyarakat Indonesia, Prajurit Indobatt menampilkan Hadrah Marawis Islami yang dibawakan oleh para Prajurit TNI di Darfur Sudan.

Adapun tujuan dari dibentuknya tim Marawis ini, yaitu untuk menghibur dan sekaligus merebut simpati dari masyarakat, khususnya masyarakat sipil yang berada di wilayah konflik. Pada setiap penampilannya tim Hadrah Marawis Indobatt di sambut antusias oleh masyarakat di wilayah Darfur, dan sudah barang tentu hal tersebut memberi dampak positif untuk Kontingen Indobatt pada misi Unamid sekaligus mengharumkan nama Indonesia pada umumnya.

Antusiasme masyarakat Darfur dapat terlihat, saat tim Hadrah Marawis Indobatt tampil di berbagai kesempatan. Seperti saat penampilannya di salah satu tempat yaitu sekolah Ibnu Tsina, tepatnya di Desa Ardamata, El Geneina Darfur, pada Senin, 28 Desember 2015.

Para siswa dan masyarakat setempat merasa sangat terhibur, sekaligus terpukau atas penampilan Tim Hadrah Marawis Indobatt yang membawakan Musik bernuansa Islami, dengan alunan lagu khas timur tengah, saat diundang hadir pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di tempat itu.

“Penampilan yang sangat bagus dari Tentara Indonesia, membuat meriah acara yang diselenggarakan di sekolah kami, kami semua sangat kagum dan terkesan para tentara Indonesia dapat membawakan musik Islami dengan sangat baik dan merdu,” ungkap Umar Muhammad  Kepala Sekolah Ibnu Tsina. Dalam kesempatan itu juga Umar Muhammad berharap, kedekatan antara prajurit Garuda di Darfur Sudan dengan masyarakat lokal akan semakin mempererat Ukhuwah Islamiyah satu dengan yang lainnya. (Puspen TNI)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *