oleh

Cegah Demam Berdarah, Dinkes Palembang Sebarkan Alat Fogging

PALEMBANG I Untuk mencegah tingginya angka demam berdarah pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota Palembang mulai menyebarkan alat Fogging disetiap Kelurahan  yang ada di wilayah Palembang.Dengan bantuan tersebut dapat membasmi banyaknya  nyamuk terutama daerah perairan.

“Dengan adanya alat ini bentuk antisipasi terhadap penyakit demam berdarah, mencegah lebih baik dari pada mengobati,”kata Kepala Dinas Kesehatan dr Anton Senin (28/12/2015).

Anton mengaku belum mendapatkan laporan berapa banyak warga Palembang yang terkena terhadap demam berdarah. Karena warga yang terkena demam berdarah melapor langsung di kecamatan.

“Nyamuk itu bersarang digantungan baju  kamar rumah,  kedua membersihkan aliran air disekitar rumah, pada saat tidur mengunakan kelambu dan yang terakhir menyemprotkan obat nyamuk dalam ruangan sehingga demam berdarah dapat dicegah, karena penyakit demam berdarah
dari gigitan nyamuk,”kata Anton.

Sementara itu, dr RSMH Rismarini mengungkapkan, warga untuk aktif membersihkan ruangan dalam  maupun luar rumah, sehingga sarang nyamuk dapat dibasmi, karena  gigitan nyamuk pada siang hari sangat berbahaya bagi kekebalan tubuh terutama anak-anak.

“Untuk itu halaman rumah harus bersih dari sampah dan air genangan, karena dikedua tempat tersebut paling banyak nyamuk yang berkeliaran,”kata Rismarini.

Selian itu, yang paling penting warga harus memahamai cara mencegah demam berdarah dengan menguras, menutup, mengubur dan memantau. Dengan 4 M tersebut maka demam berdarah dapat dicegah.

“Dampak demam berdarah itu, seperti muntah darah, badan panas mendadak, sakit kepala sendi, mual muntah, pendarahan dikulit kegagalan sirkulasi darah dan sebagainya, kalau sudah ada dampak
seperti itu secara cepat untuk segera mengecek langsung ke dokter,”tukasnya. (Supardi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *