oleh

Diresmikan Jokowi, Bupati OKI: Tol Terpeka Potensial Tekan Inflasi

Ogan Komering Ilir | Presiden Joko Widodo meresmikan secara langsung tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka).

“Tol sepanjang 189 km ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Dan kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan nantinya akan lanjut sampai Betung, Banyuasin,” ungkap Jokowi pada acara peresmian yang bertempat di Gerbang Tol Simpang Pematang, kilometer 240, Mesuji, Lampung pada Jumat (15/11/2019).

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE yang turut mendampingi presiden mengungkap jalan tol ini akan memberikan dampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi dan potensial menekan inflasi.

“Atas nama warga OKI kami berterimakasih kepada presiden tol ini memiliki arti yang besar untuk menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, bahkan menekan inflasi karena mudahnya akses jaringan logistik” Ungkap Iskandar.

Beberapa potensi daerah yang turut terdongkrak setelah tol ini diresmikan tambah Iskandar antara lain karet, sawit, pertanian secara luas.

“Yang paling utama adalah penciptaan lapangan pekerjaan baru bagi sehingga berdampak pada keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia”Ujar Iskandar.

Ruas tol Terbangi Besar-Pematang Panggang- Kayuagung (Terpeka) sepanjang 189 km saat ini menjadi tol terpanjang di Indonesia. Pada kesempatan ini, Hutama Karya selaku pengelola berhasil mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Tol Terpeka bukan hanya akan menjadi tol dengan ruas jalan terpanjang, namun akan menjadi tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

“Setelah diresmikan, maka jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah beroperasi secara penuh serta dapat dilalui oleh masyarakat,” terang Dirut Hutama Karya Bintang Prabowo.

Lebih lanjut, Bintang memaparkan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan melengkapi jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu dan beroperasi sejak bulan lalu dan untuk ruas Kayuagung-Palembang akan diresmikan pada Desember 2019.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk memperhatikan kondisi badan saat mengemudi, tidak dalam keadaan mengantuk. Selain itu kami selalu mengimbau untuk mengecek kendaraan secara berkala dan memenuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol,” pukas Bintang.(romi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *