oleh

Marak Tambak Udang Ilegal, Pantai Tanjung Kerasak Tercemar

TOBOALI | Keindahan objek wisata yang selalu ramai didatangi wisatawan di Pantai Tanjung Kerasak Desa Pasir Putih Kecamatan Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka terancam tercemar diduga oleh aktivitas penambak udang ilegal.

Informasi yang didapat,  aktifitas tambak udang tersebut tepat berada di lokasi pariwisata.  Diketahui tambak udang diketahui warga tidak memiliki izin alias ilegal.

Ada sekitar 3 lokasi tambak udang yang menjadi keresahan masyarakat karena ditakutkan akan mencemari Pantai Tanjung Kerasak yang menjadi andalan warga Desa Pasir Putih.

“Pengusaha tambak udang yang berada di lokasi pariwisata ini yang kami ketahui ada tiga lokasi. Setahu kami mereka membuka usaha tambak ilegal karena tidak mungkin dapat izin dari pemkab Basel,” kata Sa,  warga Pasir Putih saat dibincangi beberapa waktu lalu. 

Untuk itu,  sambung Sa, ia mewakili warganya meminta aparat penegak hukum seperti pol pp agar cepat melakukan razia.

“Sesuai peraturan Bupati Bangka Selatan No 21 Tahun 2015 tentang SOP menugaskan Satpol PP untuk melaksanakan pembinaan dan himbaun terhadap tambang ilegal dan tambak udang yang melanggar Perda dan Perkada di wilayah Tukak Sadai. Kami ingin kawasan pariwisata ini jangan sampai tercemar oleh ulah oknum pengusaha,”  imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Plt Kasat Pol PP Bangka Selatan,  Rudi Kurniawan mengakui pihaknya sudah mengetahui adanya aktivitas tambak udang ilegal yang masuk kawasan pariwisata.

“Kami sudah mendengar adanya pengusaha yang membuka usaha tambak udang di kawasan wisata Tanjung Kerasak.  Terpantau ada tiga lokasi yang kami duga ilegal atau tidak memiliki izin, ” kata Rudi saat dihubungi melalui ponsel, Jumat (1/10/2109).

Dengan keberadaan tambak udang ilegal tersebut,  Rudi Kurniawan, secepatnya akan melakukan penindakan. “Sudah saya laporkan dengan Pak Bupati Justiar Noer.  Kebetulan beliau sekarang lagi DL (dinas luar) dan secepatnya akan kami tindak jika terbukti ilegal. Apalagi setahu saya Pak Bupati sangat tidak setuju ada usaha tambak yang masuk kawasan pariwisata dan tidak mungkin ada izinnya, ” tegasnya.

Sekedar diketahui, ramainya pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Kerasak dan beberapa tempat objek wisata tersebut sehingga aparat kepolisian dari Satuan Polair (Satpolair) dan Satuan Sabhara Polres Basel melakukan pengamanan di lokasi objek wisata. Semoga keindahan alam seperti pantai di kabupaten Bangka Selatan tidak tercemari oleh ulah oknum-oknum yang ingin mengambil keuntungan sendiri. (doni)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *