oleh

Ratusan Mustahik di Kabupaten OKI Terima Zakat dan Infaq

Ogan Komering Ilir | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak dan sedekah.

Sasaran pendistribusian, sementara diprioritaskan untuk warga di kecamatan Kayuagung, SP Padang dan Jejawi sedangkan kecamatan lainnya juga dilakukan hal serupa akan tetapi hanya perwakilan.

Bupati Kabupaten OKI, H.Iskandar SE melalui Sekretaris Daerah H.Husin Spd MM mengakui, pendistribusian dan pendayagunaan zakat,infaq dan sedekah dilakukan secara terpadu antara Baznas OKI bersama dengan Pemkab OKI sesuai dengan prosedur yang ada.

“Bantuan yang disalurkan itu berupa uang tunai,”kata Sekda.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program tahunan bupati berbagi kasih kepada pasukan biru dan fakir miskin. Penyaluran zakat penghasilan dan infaq  diperuntukkan bagi pasukan biru dan lansia dan masyarakat yang tidak mampu.

Pembagian zakat ini katanya, sedikit banyak dapat  membantu masyarakat dalam menyambut Idul Fitri. Karena sasarannya masyarakat kurang beruntung penerima Rastra dan PKH.

“Seluruh kecamatan yang ada di tiga region yakni Pampangan, Lempuing Jaya dan Kayuagung,”terangnya, Senin (3/6).

Memang event tahunan dengan kegiatan ini dapat meringankan beban menghadapi lebaran Idul Fitri sekaligus memberi motivasi kepada masyarakat  masyarakat mampu untuk melaksanakan infaq shodaqoh.

“Coba fikir satu orang yang memiliki kemampuan ekonomi untuk membantu. Kalau zakat dan fitrah itu kan sudah menjadi kewajiban,”jelasnya.

Sementara itu,  Ketua Baznas OKI, H M Nazir Bayad menjelaskan, tahun ini pihaknya menyalurkan zakat untuk 636 mustahik.

tugas Baznas ini berat dan tidak boleh mengendap karena ini amal ibadah orang yang harus disalurkan segera untuk berbagai program kegiatan ya g dilakukan.”Total Rp 63juta lebih dibagi tiga region Pampangan, Lempuing Jaya dan Kayuagung,”imbuhnya.

Selain memberikan zakat, Basnaz juga menyalurkan bantuan produktif untuk masyarakat yang kurang mampu dan beasiswa untuk siswa SD dan SMP.

“Kita juga memberikan program produktif kepada masyarakat seperti memelihara ikan dan penguatan usaha lainnya. Sehingga mereka nanti bisa menjadi muzakki, kita juga sudah menyalurkan beasiswa untuk SD sebanyak 500 siswa masing-masing Rp 300ribu dan SMP sebanyak 200 siswa masing-masing Rp400ribu per siswa,”terangnya.(Romi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *