oleh

Mengabdi di Masyarakat Ini yang dilakukan Dosen UIGM

PALEMBANG | Dalam rangka menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi, Dosen Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) yaitu Amaliatulwalidain, Nike Angraini dan Bobby Halim, berkesempatan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kompleks Perumahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami pada Kamis (11/4).

Pengabdian yang dilakukan merupakan capaian Program kompetitif Hibah pengabdian dari Ristekdikti melalui Pengabdian Kemasyarakatan Stimulus (PKMS) yang berbasis pada pembuatan Kue Tempe Matcha sebagai produk inovasi pengembangan Tempe menjadi cemilan “kekinian”.

Sasaran pengabdian ini adalah kelompok PKK ibu-ibu Kompleks Perumahan Kebun Bunga. “Kami sengaja memilih kelompok ibu-ibu PKK sebagai mitra pengabdian, karena secara filosofi organisasi PKK merupakan organisasi perempuan yang berpeluang sebagai garda terdepan dalam mensupport  perekonomian kaum perempuan di akar rumput, sehingga pengabdian yang dilakukan sangat disesuaikan dengan butir-butir yang tercermin dalam dasa wisma PKK,”Ujar Ketua Tim Peneliti Amaliatulwalidain, MA. Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, keterampilan dalam pengolahan pangan lokal, serta peningkatan skills ibu-ibu dalam upgrade gizi keluarga sehingga kaum perempuan sangat dituntut untuk semakin kreatif dalam pengolahan bahan pangan yang murah dan meriah, salah satunya Tempe yang merupakan bahan makanan yang mudah di dapat dan sangat dekat dengan keseharian ibu-ibu di dapur.

Ketua Tim PKK Kompleks Perumahan Kebun Bunga, Ristina,S.Pd menyambut baik serta apresiasi  pada kegiatan pengabdian Ke Masyarakat Stimulus (PKMS) tersebut, diharapkan pengabdian ini tidak hanya dapat menambah penghasilan ekonomi ibu-ibu PKK saja, melainkan juga bisa menambah pengetahuan dan keterampilan bagi ibu-ibu dalam pengolahan makanan berbasis tempe lainnya.

“Kedepannya kerjasama dalam bentuk pengabdian antara Tim PKK serta Tim Peneliti dapat terus dilanjutkan, sehingga organisasi PKK di kompleks perumahan Kebun Bunga bisa menjadi organisasi PKK yang maju dan berdaya,”ujarnya.

Pelatihan pembuatan kue Tempe Matcha, dilakukan langsung oleh Ibu-Ibu PKK Komplek Perumahan Kebun Bunga dengan mendapat arahan langsung  dari Tim Peneliti UIGM, yang meliputi tahapan pemilihan bahan untuk produk kue Tempe, proses pengolahan, proses pengemasan serta proses branding dan marketing.(wawan).

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *