oleh

Pedamaran Timur OKI Deklarasi Bersih dari Narkoba

Ogan Komering Ilir I Pedamaran Timur (PETIR) menjadi Kecamatan pertama di Kabupaten OKI yang mendeklarasikan dirinya BERSINAR (Bersih dari Narkoba). Ikrar yang menggema oleh lebih dari 700 orang di titik episentrum Desa Kayulabu pada Sabtu 23 Maret 2019 ini bukan dimaksudkan hendak jumawa telah bersih 100% dari Narkoba, justru sebagai komitmen bersama 6 Desa lainnya berangkat dari keresahan atas masih tingginya penyalahgunaan Narkoba di lingkungannya.

Sosok yang menjadi inisiator di balik perhelatan itu adalah Kepala Desa Kayulabu, Asmadi, yang sejak 2 tahun terakhir ini bersama para perangkat & dukungan tokoh masyarakat memulai “gebrakan” dengan memberlakukan tes urine bagi calon pengantin bekerjasama dengan BNNK OKI dan membatasi jam hiburan malam yang sebelumnya kerap kali diisi dengan ‘pesta narkoba’ serta keributan.

Dalam kesempatan itu sosialisasi bahaya narkoba juga disampaikan oleh IPWL Sriwijaya Kemensos-Indralaya, M. Fadli, S.Sos menggambarkan betapa resiko pecandu narkoba seperti yang dialami para residen rehab di IPWL diantaranya banyak yang gangguan jiwa/gila.

Testimoni mantan pecandu yang bisa lepas dari pengaruh Narkoba disampaikan perwakilan warga diantaranya oleh Koko dan Riki, bahwa kini hidup mereka tanpa Narkoba sangat jauh lebih baik dirasakannya. Pesan moral dari dua mantan pecandu ini juga mewakili 10 warga lain yang dinyatakan “drugs free” agar menjadi contoh. Atas upayanya ini mereka didapuk naik pentas menerima apresiasi dari CSR PT. Sampoerna Agro.

Koordinator GM, Sampoerna Agro, Eldi Nuzan mengatakan sinergi dan dukungan para pihak dalam memerangi Narkoba seperti ini perlu terus diperkuat. “Sebagai yang hidup bertetangga dengan masyarakat, tentu kita mengharapkan perhatian khusus dari para pihak terkait terhadap Desa-Desa yang rawan, agar masa depan mereka yang lebih baik, seperti slogan acara ini “benahi diri, benahi generasi” .

Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra, SH., S.Ik., MM. dalam sambutannya memberikan apresiasi atas upaya & dedikasi Desa Kayulabu ini dalam turut mendukung pencegahan Narkoba, sehingga menurutnya patut menjadi inspirasi Desa-Desa lainnya, karena narkoba bisa menghancurkan generasi dan musuh bersama.

Senada dengan itu, Dandim 0402 OKI/OI, Letkol Inf. Riyandi, S.Sos seraya memotivasi pentingnya peran keluarga dalam melindungi generasi masa depan bangsa.

“Jangan kita membiarkan Narkoba hari ini, orang tua harus peduli menjaga diri dan anak-anaknya, jika tidak waspada maka apakah mau tahun 2045 bangsa ini diurus oleh generasi yang terpapar Narkoba,”pungkasnya.

Kepala BNNK OKI, H. Ahmad, S.Sos., M.Si mengimbau warga Pedamaran Timur agar tidak ragu-ragu melaporkan pengedar maupun masyarakat yang ingin dibantu rehabilitasi/pemulihan Narkoba secara gratis oleh Negara.

“Kami (BNNK) dan Sat Narkoba Polres OKI siap merespons informasi penting dari masyarakat, silahkan kantor kami dekat kantor BPN di Kayuagung ini sesuai dengan salah satu isi butir deklarasi yang diikrarkan bersama,” imbuhnya.(rel)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *