oleh

Ribuan Box Surat Suara Tiba di Sekretariat KPU OKI

Ogan Komering Ilir I Ribuan box surat suara Pemilu 2019 wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tiba di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKI, Jumat (15/02) dini hari tadi.

Pantauan di lapangan, ribuan surat suara ini diangkut menggunakan empat truk kontainer dari ekspedisi PT Cabe Raya, dan mulai dilakukan pembongkaran dari dalam kontainer menuju tempat penyimpanan pada pukul 09:00 WIB.

Ketua KPU OKI, Derry Siswandi mengungkapkan, pendistribusian surat suara ini dilakukan dengan pengawalan dari pihak keamanan sejak pemberangkatan dari Bogor. Menurutnya, untuk tahap pendistribusian ini baru empat jenis surat suara.

“Jadi ini empat jenis surat suara, surat suara Presiden dan wakil presiden, DPR RI Dapil 2 Sumsel, DPRD Provinsi Sumsel Dapil 3, dan DPRD Kabupaten OKI. Untuk DPD belum,” kata Derry di sela pembongkaran surat suara di KPU OKI.

Menurutnya, jumlah masing-masing surat suara ini berdasarkan jumlah DPT di OKI, ditambah 2,5% untuk surat Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Kalau berdasarkan surat ekspedisi untuk pilpres sebanyak 533.735 lembar, sama dengan jumlah DPR RI. Untuk DPRD Provinsi berjumlah 534735, sedangkan untuk DPRD Kabupaten itu per Dapil,” paparnya.

“Dapil 1 berjumlah 135.472, dapil 2 87207, Dapil 3 sejumlah 128.,572, Dapil 4 sejumlah 94802, dan Dapil 5 berjumlah 92.684,” sambungnya.

Terkait jumlah dan kondisi surat suara seperti surat suara yang rusak, menurut Derry, baru akan diketahui saat dilakukan pelipatan surat suara. Sementara saat ini baru menghitung jumlah box yang dikirim.

“Berdasarkan data, satu box berisi 500 lembar. Tapi untuk pastinya belum kita ketahui,” tandasnya. (romi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *