oleh

Segerombolan Gajah Masuk Perkebunan, Warga Cengal Resah

Ogan Komering Ilir I Masyarakat Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diresahkan dengan segerombolan gajah yang melintas di kawasan perkebunan warga. Hal ini juga sempat menjadi perbincangan di media sosial, Facebook.

Hal ini dibenarkan oleh Camat Cengal, Muhammad Taufik. Menurutnya, berdasarkan laporan dari warga, memang beberapa kali terlihat segerombolan gajah di kecamatan tersebut.

“Iya memang ada laporan dari warga terkait gajah ini, di Desa Pelimbangan dan sekitarnya. Gerombolan gajah kerap terlihat langsung oleh para warga,” katanya saat dikonfirmasi via telpon.

Diungkapkannya, gerombolan gajah yang berjumlah sekitar 30 ekor ini mengganggu persawahan warga. “Hingga saat ini memang belum bisa ditangkap, tapi kami sudah berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten OKI, Alamsyah mengatakan, pihaknya memang mendapatkan laporan dari masyarakat terkait keberadaan gajah liar ini. Dijelaskannya, kalau berdasarkan penjelasan dari BKSDA, wilayah tersebut memang merupakan jalur yang dilewati gajah untuk berpindah tempat.

“Kalau penanganan lebih jelas itu sama BKSDA, tapi sudah kita koordinasikan dan kata mereka (BKSDA) memang itu jalurnya. Dia lewat situ, dan setiap tahun seperti itu,” katanya.

Dijelaskannya, setiap tahun gajah-gajah ini berpindah, bisa dari wilayah Air Sugihan ke Lampung ataupun sebaliknya. “Jadi memang seperti itu (siklusnya). Bukan hanya karena faktor habitatnya diganggu atau semacamnya,” jelasnya. (Romi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *