oleh

Rutan Tebing Tinggi Over Kapasitas

EMPAT LAWANG I Saat ini cabang rumah tahanan (Rutan) Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang hanya memiliki 15 petugas termasuk kepala Rutan itu sendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan penghuni lapas yang sudah over kapasitas.

Kepala Cabang Rutan Tebing Tinggi, Heri, mengatakan, seharusnya kapasitas Rutan Tebing Tinggi ini 96 orang, tapi saat ini penghuni rutan Tebing Tinggi sudah mencapai 176 orang.

“Kita masih kurang petugas, satu regu itu dua orang, kapasitas rutan kita ini 96 orang. Jumlah sekarang ini 176 orang, jadi satu orang berbanding 85 orang,” kata Heri diruang kerjanya, Kamis (12/10).

Dijelaskan Heri, dari 176 penghuni lapas Tebing Tinggi ini, terdiri dari 115 orang kasus pidana umum (Pidum) dan 60 orang kasus narkoba. Dan saat ini pihaknya sudah mengusulkan untuk penambahan petugas lapas Tebing Tinggi.

“Sekarang ini kita sedang usahakan penambahan petugas, kalaupun ada tambahan itu tidak banyak. Karena di Sumatera Selatan ini saja masih kurang petugas lapas ini,” jelas Heri.

Lanjutnya, Heri juga berujar, saat ini pihaknya sudah meminta bantuan kepada polres Empat Lawang. Agar setiap Sabtu dan Minggu melakukan sabang kontrol dicabang rutan Tebing Tinggi ini.

“Sekarang rutin dari Sabara Polres Empat Lawang melakukan kontrol disini setiap Sabtu Minggu. Karena ini kita anggap objek vital, kalau disini rusuh yang pusing bukan Saya saja, Polres juga pusing, Bupati juga. Karena ini dekat dengan rumah Bupati,” ujarnya.

Disi lain ditambahkan Heri, Pemerintah Kabupaten Empat Lawang pernah berjanji menghibahkan lahan, untuk pembangunan Rutan Tebing Tinggi yang berlokasi dijalan poros Tebing Tinggi.

“Pak Bupati pernah ngomong, kalau dia ingin menghibahkan tanah seluas lima (5) hektar untuk pembangunan Rutan yang baru, itu dikawasan jalan poros. Karena rutan kita ini sudah tidak layak, kucing loncat saja bisa lolos apa lagi manusia,” pungkasnya (Ridi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *