oleh

Resmikan Pelancu, Aswari: “Harus Dijual”

LAHAT I Bupati Lahat, H. Aswari Riva’i hari ini (10/10) meresmikan Taman Wisata Pelancu di Desa Ulak Pandan, Kcamatan Merapi Barat. Dalam sambutannya, Aswari menekankan perlunya menggalakkan promosi destinasi berlatar Bukit Serelo ini.

“Ini harus ‘dijual’, dalam arti kata dipromosikan. Yang penting orang tahu dulu keberadaan destinasi ini. Kalau sudah ramai kan enak masyarakat memanfaatkannya untuk menjajakan aneka kuliner tradisional dan cenderamata,” sampai Aswari, seraya mengapresiasi kegigihan Kades Ulak Pandan beserta perangkat dalam memajukan wisata di desanya.

Untuk memaksimalkan pengelolaannya, Bupati meminta agar OPD terkait membantu penataan destinasi ini. Pun demikian pula dengan infrastruktur yang ada di sekitar lokasi, perlu diperhatikan.

“Kepala Dinas PU, tolong agar diaspal akses jalan menuju lokasi ini,” pintanya.

Lebih lanjut Bupati yang akrab disapa Kak Wari ini menerangkan, dirinya memiliki kenangan tersendiri di Taman Wisata Pelancu ini. Dimana sewaktu kecil, dia kerap mengunjungi lokasi wisata yang belakang ini viral di sejumlah media sosial (Medsos).

“Masih kecik dulu kami sering bersepeda ke Pelancu. Setibanya di sini, kami kemudian naik rakit,” ulas Kak Wari.

Bupati mengingatkan, pentingnya sambutan dan pelayanan masyarakat Desa Ulak Pandan dan sekitarnya, dengan menunjukkan sikap sopan santun, tata krama dan keramah tamahan. Sehingga, pengunjung pun merasa nyaman dan berkesan selama berada di Taman Wisata Pelancu.

“Saya ingat ada sebuah danau di Jawa Barat yang begitu terkenal. Padahal luas danau tersebut tidak seberapa dibanding “pauk” (kolam penangkaran ikan, red) kita. Ini karena apa? Karena promosinya gencar, disamping sikap masyarakat sekitar lokasi yang ramah, sehingga menarik minat pengunjung,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Ulak Pandan Susiawan Raman mengatakan, sebelumnya Taman Wisata Pelancu merupakan semak belukar yang banyak ditumpuki sampah. Namun berkat kerja keras pihaknya didukung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Karang Taruna dan masyarakat sekitar Ulak Pandan, akhirnya tepian Sungai Lematang ini berhasil disulap menjadi destinasi wisata yang menarik.

“Tanggal 18 Agustus lalu kami mulai membabat semak belukar di sini,” terangnya.

Dia berharap, keberadaan Taman Wisata Taman Pelancu di Desa Ulak Pandan ini dapat menjadi sarana produktif yang bermanfaat dan mampu memberdayakan masyarakat sekitar.

“Karenanya, kami minta support dari Dinas terkait agar pengelolaan Taman Wisata Pelancu ini dapat maksimal,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lahat turut melepas ribuan bibit ikan dari berbagai jenis di Sungai Lematang Desa Ulak Pandan, dengan menumpang perahu tradisional. Selain itu juga dilakukan penyerahaan bantuan berupa sejumlah bibit pohon untuk ditanam di sekitar kawasan Taman Wisata Pelancu serta sejumlah buku untuk dipajang di “Pondok Mbace”.

Hadir dalam peresmian Taman Wisata Pelancu, diantaranya Sekda H. Haryanto, Wakapolres Kompol. Ernawan, serta sejumlah perjabat FKPD dan OPD lainnya.(SFR)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *