oleh

Prabumenang Memilih, Dua Calon Berkompetisi

LAHAT I Masyarakat Desa Prabumenang Kecamatan Merapi Timur, hari ini (10/10) memilih Calon Kepala Desa (Kades)-nya. Sebanyak dua Calon Kades maju dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Pemilihan Kepala Desa (Pildes) Prabumenang dibagi dalam dua daerah pemilihan (Dapil). Untuk Dapil 1, maju sebagai Calon Kades, Nasution. Sedangkan Dapil 2, Calon Kades-nya Paslan.

“Menariknya, para Calon Kades yang maju pada Pildes kali ini tidak ada yang berlatarbelakang Parpol (partai politik, red), kata salah seorang anggota Seksi Intel Kodim 0405, berinisial IY.

Rata-rata, sambungnya, para Calon Kades yang maju dalam Pildes Prabumenang ini murni berasal dari kalangan masyarakat biasa, yang selama ini memang aktif berkecimpung memajukan Desa.

“Kebetulan juga para Kades yang maju memang dari kalangan berpendidikan tinggi, dimana semuanya sarjana,” bebernya.

Sementara itu, Sandri, salah seorang warga Desa Ulak Pandan, berharap pesta Pildes ini dapat menjadi contoh positif bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menghelat pesta demokrasi mendatang, meskipun skalanya tingkat desa.

“Karena selama ini Pildes berlangsung kondusif, tanpa pergolakan. Dimana meskipun berkompetisi, kebersamaan masih tetap terjalin. Bahkan jika melihat pengalaman selama ini, para Calon Kades yang kalah biasanya ‘legowo’ dan tetap memberikan kontribusinya kemajuan Desa. Begitu pula yang menang, tampak tak ada kesombongan dan merangkul semua kalangan,” ujarnya.

Pantauan di Desa Prabumenang, tampak sejumlah banner dan spanduk para Calon Kades menghiasi pelbagai sudut Desa, yang dipajang secara rapih. Sehingga, keberadaan banner dan spanduk pun tidak menimbulkan kesemrautan.(SFR)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *