oleh

Beli Motor Curian, Zulkifli Dibekuk

Zulkifli (baju putih) saat digelandang ke mapolsek Kayuagung.Kabupaten OKI.

KAYUAGUNG I Nasib sial dialami Zulkifli (27) Warga Kelurahan Kedaton Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, Betapa tidak, Berharap Sepeda motor Yamaha Mio GT yang belum lama dibelinya dengan harga murah alih-alih membawa keberuntungan tetapi justru menyeretnya ke balik sel tahanan.

Hal ini lantaran diketahui bahwa Sepeda motor warna merah hitam keluaran tahun 2013 yang dibelinya seharga Rp1,8 Juta dari warga sekampungnya ternyata merupakan barang curian. Tak ayal, dirinya (Zulkifli – Red) pun dibekuk Jajaran Polsek Kayuagung tak lama berselang tertangkapnya Penjual sepeda motor curian tersebut.

“Saya waktu itu didatangi oleh Tomi yang menawarkan Sepeda motor dengan harga murah. Karena dijanjikan surat-suratnya lengkap akhirnya saya pun tertarik dan memberikan uang sebesar Rp 800 ribu sebagai tanda jadi,” Kata Zulkifli, Diruang Riksa Mapolsek Kayuagung, Kamis (28/9/2017).

Masih katanya, Keesokan hari, Waktu saya sedang bekerja si Tomi datang lagi kerumah dan memaksa minta segera dilunasi sisa pembayaran padahal belum waktu dalam janji yang disepakati, Tetapi karena memaksa dan dia menjanjikan kalau surat-surat kendaraan akan diberikan akhirnya diberikanlah sisa pembayaran sebesar Rp 1 Juta.

“Kenal dia (Tomi-Red) baru pada saat ia menawarkan Sepeda motor, karena sebelumnya tidak saling kenal. Memang sempat curiga tetapi lantaran dijanjikan surat-suratnya lengkap saya pun tertarik, yang jelas tidak menyangka berakhir seperti ini,” Akunya.

Terpisah, Dihadapan petugas, Tomi (22) yang juga warga Kelurahan Kedaton Kecamatan Kayuagung OKI ini mengakui bahwa Sepeda motor yang dijualnya seharga Rp 1,8 Juta kepada Zulkifli merupakan hasil curian. Dimana Kendaraan tersebut dicurinya dihalaman Parkir SMK Negeri 1 Kayuagung bersama rekannya.

“Hasil penjualan, Saya mendapat bagian Rp1,3 Juta dan sisanya dibagikan ke rekan-rekan. Bagian saya digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” Ungkap Tomi seraya mengaku kalau dirinya mempunyai 1 orang anak yang masih berusia 2,5 tahun.

Sementara itu, Kapolsek Kayuagung AKP Feryanto, SH didampingi Kanit Reskrim Polsek kayuagung IPDA Dedi Suandi mengatakan, Untuk Tersangka Zulkifli kita kenakan Pasal 480 KUHPidana tentang Penadahan, Sedangkan Tomi bersama dua rekannya AP alias SJ dan MH kita kenakan Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian.

“Penangkapan terhadap tersangka Zulkifli dilakukan tak lama berselang tertangkapnya tersangka Tomi bersama kedua rekannya AP alias SJ dan MH. Kesemuanya ditangkap dikediaman masing-masing,”Ungkap Kapolsek.

Sebelumnya, Bustomi alias Tomi (22), Warga Kelurahan Kedaton Kecamatan Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, Dibekuk Unit Reskrim Polsek Kayuagung lantaran telah mencuri sepeda motor milik Korbannya Emilia Siswi SMK Negeri 1 Kayuagung.

Selain tersangka Tomi, Petugas juga turut mengamankan Dua (2) Orang rekannya yang masih dibawah umur berinisial AP alias SJ (15) dan MH (16). Tersangka AP alias SJ dibekuk Petugas dikediaman Tersangka tomi dan hasil nyanyian keduanya lalu tersangka MH Pun tertangkap.

Saat beraksi, Tersangka MH bertugas memastikan keadaan disekitar parkiran aman. Sedangkan Tersangka Tomi dan AP alias SJ bertugas mengambil sepeda motor korban yang diparkir dihalaman Parkir SMK Negeri 1 Kayuagung.

Penangkapan terhadap ketiga tersangka ini sendiri sebagai tindaklanjut dari laporan Emilia dengan nomor  LP/B – 96 /IX/2017 yang diterima Pihak Kepolisian (Polsek Kayuagung – Red) pada tanggal 16 september 2017 lalu.

Kala itu, Sabtu (16/9/2017) sekira Pukul 17.00 Wib Sepeda motor milik korban Emilia yang tengah terparkir dihalaman sekolahnya raib entah kemana, Hingga pelajar ini bingung lalu melaporkan apa yang dialaminya ke pihak kepolisian setempat.
       
Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.MH melalui Kapolsek Kayuagung AKP Feryanto, SH, Rabu (27/9/2017) malam mengatakan, Siang tadi sekira Pukul 13.30 Wib setelah melakukan pemantauan bahwa pelaku Tomi sedang berada di rumahnya. Lalu personil kita yang dipimpin kanit reskrim langsung mendatangi lokasi dan lakukan penangkapan.

” Pelaku Tomi berhasil ditangkap di kediamannya yang pada waktu itu sedang bersama pelaku lainnya berinisial AP alias SJ,” Ungkap Kapolsek.

Kemudian dari kedua pelaku tersebut, Lanjut Kapolsek, didapat informasi bahwa mereka melakukan pencurian dibantu rekan mereka berinisial MH. Dari informasi itu selanjutnya dilakukan pengejaran terhadap pelaku MH dan berhasil ditangkap.

“Selain Ketiga Tersangka diamankan juga barang bukti 1 unit sepeda motor jenis Yamaha Mio GT warna hitam merah milik Korbannya,” Pungkas Kapolsek.(Romi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *