oleh

Asap Hitam Mengepul di Komplek Agropolitan Center

MUSIRAWAS I Asap hitam terlihat mengepul di Kompolek Agropolitan Center, Kecamatan Muara Beliti, Kamis (29/09) sekitar pukul 11.00 WIB. Namun, kepulan asap itu bukan karena kebakaran, akan tetapi merupakan rangkaian kegiatan latihan penanganan unjuk rasa (Unras) yang dilakukan jajaran Polres Musirawas.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 200 personel gabungan Polres Musirawas dan polsek jajaran, ikut terlibat kegiatan latihan Dalmas (pengendalian massa) yang dipimpin oleh Wakapolres Musirawas.

Kapolres Musirawas, AKBP Pambudi melalui Wakapolres Musirawas, Kompol Benny Prasetya didampingi Kabag Ops Polres Musirawas, Kompol Suhardiman menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin Polres Musirawas.

“Anggota sebenarnya sudah memahami tahapan pengendalian massa, namun hal ini perlu direfresh kembali untuk lebih meningkatkan kemampuan personel. Dalam pengendalian massa, aturan yang berlaku merujuk Peraturan Kapolri Nomor 16 tahun 2006 terkait tahapan yang dilakukan berdasarkan klasifikasi keadaan, yakni situasi tertib (hijau), situasi tidak tertib (kuning) dan situasi melanggar hukum (merah),” terang Wakapolres.

Dijelaskannya, untuk sarana prasarana di Polres Musirawas sudah cukup memadai, karena telah tersedia tameng, alat pemukul, pakaian huru-hara, kendaraan kawat barier dan kendaraan Water Canon.

“Kedepan Polres Musirawas siap memberikan pelayanan masyarakat berupa penanganan unjuk rasa. Dalam pengendalian massa, khususnya pada pola lintas ganti dalam situasi melanggar hukum, kami senantiasa koordinasi dengan Detasemen Brimob untuk penebalan kekuatan. Namun, pola prepentif dengan mengedepankan tim negosiator lah yang menjadi harapan kita dalam penanggulangan massa untuk ketertiban dan kepentingan masyarakat yang lebih luas,” ungkapnya.(Mulyadi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *