oleh

Delapan Puskesmas Ikuti Worksop Penilaian Akreditasi

KAYUAGUNG I Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKI memberikan bekal kepada puskesmas yang akan diberikan penilaian terkait peningkatan akreditasi, di aula RM Aba Dola, Kamis (3/8).

Pada workshop tersebut, perwakilan dari delapan puskesmas yang akan dilakukan penilaian akreditasi ini mendapatkan materi-materi terkait penilaian. “Jadi pada workshop ini para perwakilan Puskesmas ini mendapatkan materi terkait peninjauan manajemen, audit internal. Dan besok dilanjutkan dengan workshop keselamatan pasien,” ungkap Kepala Dinkes OKI, H M Lubis SKM MKes melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Yudo Siswantoro, SKM MKes didampingi Kasi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Mutu dan Akreditasi, Dr Hj Lubnah.

“Jadi untuk tahun ini yang akan akreditasi ada 10 puskesmas, tapi dua diantaranya sudah diberikan penilaian seperti Puskesmas Celikah dan SP Padang, jadi kali ini yang ikut workshop ada delapan Puskesmas,” lanjutnya.

Hj Lubnah menambahkan, kegiatan tersebut digelar untuk bisa meningkatkan keselamatan pasien di puskesmas. “Intinya nanti untuk peningkatan mutu,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, ke depan apa yang digelar trtsebut bisa mempermudah dan mendukung kegiatan akreditasi. “Karena ini merupakan salah satu aspek dari penilaian akreditasi,” jelasnya.

Pada workshop tersebut, salah seorang pemateri  atau fasilitator dari Dinkes Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Desi Mahdalena SST MKeb yang menuturkan terkait pentingnya audit internal benar-benae mengharapkan para peserta workshop dapat melaksanakan audit internal setelah pelaksanaan workshop tersebut.

Dalam materi yang disampaikannya, Desi menjelaskan, segala aspen yang diperlukan dalam melaksanakan audit internal. Mulai dari bagaimana mencari rumusan masalah hingga bagaimana pelaksanaan selanjutnya.(Romi)

 

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *