oleh

PKB OKI Buka Penjaringan Bacalonkada

Ketua DPC PKB OKI Ir Turmudi, saat rapat penjaringan dengan pengurus DPC PKB OKI lainnya.

KAYUAGUNG I Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan resmi melaunching Pilkada serentak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pada Senin (10/07). Untuk penjaringan calon kepala daerah (calonkada) dari DPC PKB OKI sendiri, akan dimulai Senin (17/07), hingga Sabtu (22/07). Sedangkan untuk pengembalian berkas calon, dimulai Senin (24/07), hingga Kamis (27/07).

Ketua DPC PKB OKI Ir Turmudi, didampingi Ketua Panitia Penjaringan Nanang Suwarsono, dan Sekretaris Panitia Penjaringan Komarudin Rifai, saat jumpa pers di Kantor DPC PKB OKI, Senin (10/07) mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah pembukaan penjaringan ini dilakukan serentak se Sumsel.

Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat yang berkeinginan mengikuti dan maju dalam pilkada nanti baik dari kader, kyai, politikus maupun tokoh masyarakat lainnya dipersilahkan untuk mendaftar.

“Seluruh elemen, baik elemen atau kader PKB, kiai-kiai NU, Politikus, maupun masyarakat OKI, diharapkan mengambil formulir pendaftaran calon di DPC PKB OKI,” kata Turmudi, yang juga didampingi anggota DPRD OKI dari PKB, serta Dewan Syuro PKB OKI ini.

Menariknya, sambung Turmudi, keputusan calon yang akan diusung di DPC PKB OKI ini, ditentukan dari hasil pleno diperluas DPC PKB OKI sendiri. ‘’Namun, untuk Surat Keputusan (SK) calon yang diusung sendiri, tentu dikeluarkan langsung dari DPP PKB. Artinya, DPP PKB hanya mengesahkan calon yang diusung sesuai hasil pleno diperluas DPC PKB OKI,” sambungnya.

Mengenai isu koalisi pendukung petahana pecah? Turmudi mengaku sampai saat ini hubungan antara DPC PKB OKI dan DPD PAN OKI, relatif baik, dan harmonis. ‘’Kita akan dukung kepemimpinan Iskandar-Rifai, sampai Januari 2019. Mengenai Pilkada 2018 nanti, tergantung hasil pleno diperluas di DPC PKB OKI sendiri,” terangnya sembari mengaku keputusan pleno diperluas untuk mengusung calon itu sesuai dengan SK DPP PKB bernomor SK No 2336/DPP-03/VI/A-1/2015.

Dalam menyambut Pilkada, pihaknya sendiri akan tetap menganulir pengurus PKB hingga ke tingkat ranting atau desa. ‘’PKB ini selain DPC PKB OKI, ada pengurus tingkat kecamatan, serta ada 189 ranting atau desa. Artinya hampir 70 persen ranting PKB sudah terbentuk di Kabupaten OKI ini,” ungkapnya.

Bahkan, tambah Turmudi, sebelum menggelar pleno memutuskan calon yang diusung, pihaknya sendiri akan sowan atau silaturahmi dengan kiai-kiai NU. ‘’Itu kebiasaan kita di PKB, yakni silaturahmi dengan kiai-kiai NU, sebelum pleno untuk memutuskan calon yang akan diusung,” tambahnya. (Romi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *