oleh

Gedung RSUD Muara Beliti Seperti ‘Rumah Tua’

MUSIRAWAS I Kondisi bangunan RSUD dr Sobirin Muara Beliti, Kabupaten Musirawas, Provinsi Sumatera selatan, seperti ‘Rumah tua’. Hasil pantauan media di lapangan, Jum’at (2/6) lalu, bahwa terdapat beberapa gedung di RSUD dr Sobirin Muara Beliti, tidak terawat, bahkan sudah mengalami rusak berat, seperti ruang perawat, ruang dapur dan kamar jenazah.

Selain itu, lokasi Rumah Sakit  ditumbuhi semak belukar dan terdapat tumpukan sampah, hingga mirip rumah tua. Padahal, sebagaimana diketahui bangunan RSUD Dr Sobirin Muara Beliti dibangun sejak tahun 2008, namun hingga sekarang bangunan yang rusak belum juga dilakukan perbaikan.

Kondisi ini, tidak menggambarkan Rumah Sakit tersebut adalah Pusat pelayanan kesehatan. Informasi data dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Sumatera selatan, Nomor: 56/LHP/XVIII.PLG/10, pada tanggal 6 Oktober  2016, menyatakan bahwa RSUD dr Sobirin Muara Beliti tidak jelas statusnya.

Selain itu, juga terdapat permasalahan, terkait Pengelolaan keuangan pada RSUD dr Sobirin Muara Beliti tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut, disebabkan belum adanya SK Bupati yang mengatur tentang status Rumah Sakit Muara Beliti.
Dalam LHP BPK.

Diketahui bahwa, sumber pendanaan untuk RSUD Dr Sobirin Muara Beliti berasal dari dua SKPD yang berbeda, yakni dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Dinas Kesehatan. Selain itu, ada juga  dari anggaran RSUD dr Sobirin Musirawas.

Dalam poin (C), mulai bulan Agustus 2016 RSUD dr Sobirin Muara Beliti tidak dapat melayani pasien yang berasal dari JKN ataupun BPJS. Hal ini, sesuai dengan Surat dari BPJS pada tanggal 11 Juli  2016 dan 1 Agustus 2016. Sedangkan, dalam poin (e) RSUD dr Sobirin belum diperbolehkan untuk membuat rekening Bank.(Mulyadi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *