oleh

Puluhan Aparat Gabungan Berjaga di Lapas Kayuagung

KAYUAGUNG I Tampak puluhan aparat gabungan dari Kepolisian dan TNI dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan bercokol di aula yang berada di dalam area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Kayuagung, Jumat (2/6/2017) malam.

Bercokolnya para aparat gabungan ini bukan tanpa alasan lantaran pihak Lapas merasa khawatir atas mencuatnya kabar bahwa akan ada aksi dari para tahanan yang mendekam dalam Lapas tersebut meski belum diketahui secara pasti aksi apa yang dilakukan nantinya.

Oleh karena itu, Sebagai antisipasi sekaligus salah satu upaya pencegahan pihak Lapas Kelas III kayuagung segera meminta bantuan personil dari Polres OKI dan Polsek Kayuagung bersama Kodim 0402/OKI serta Koramil 402-10 Kayuagung sebagai langkah pengamanan.

Teguh Hartaya, Bc.IP, SH selaku Kepala Lapas kelas III kayuagung mengatakan, Hal ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi dini sekaligus pengamanan Karena menurut informasi yang kami dapat, penghuni lapas dari blok tahanan akan melakukan sesuatu aksi meski masih belum diketahui aksi seperti apa.

“Sebagai langkah antisipasi saja, atas isu yang merebak dikalangan para tahanan bahwa mereka akan melakukan aksi. Artinya, kalau pun benar terjadi paling tidak kita telah siap-siap lakukan pengamanan,” tuturnya.

Untuk Penghuni Lapas ini, Masih katanya, Ada 678 orang tahanan dan narapidana, Jumlah ini jika dibandingkan kapasitas Lapas yang hanya berkapasitas 350 orang tentu memang melebihi kapasitas bahkan bisa dikatakan dua kali lipat dengan kapasitas yang semestinya.

Sementara itu, Purnawan selaku Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Lapas kelas III kayuagung menambahkan, Mencuat dan merebaknya akan ada aksi itu berasal dari blok tahanan.

“Dan informasi itu kita dapat tadi sore dari orang kepercayaan kita disana dan lagipula isu tersebut sudah menjadi perbincangan hangat antara sesama mereka para tahanan,” ungkapnya.

Pada Blok Tahanan itu, Lanjutnya, ada sekitar 184 orang dari total keseluruhan jumlah penghuni lapas yang berjumlah 678 orang, sisanya 494 orang menghuni blok khusus Narapidana.

Ketika disinggung apakah aksi yang akan dilakukan oleh para tahanan tersebut sebagai upaya untuk melarikan diri dari Lapas, Menurutnya, dirasa tidak sebab untuk berusaha melarikan diri itu sangat sulit kalau seandainya mereka akan berusaha kabur lewat belakang Blok Tahanan.

“Kalau untuk kabur kurasa tidak, Sebab kalau mereka kabur lewat belakang Blok tidak mungkin, karena dibelakang blok ada tiga (3) lapis tembok pembatas yang tingginya sekira tujuh (7) meter, kecuali mereka berusaha kabur lewat depan dan itupun sudah ada petugas yang berjaga apalagi sekarang sudah di back up pihak kepolisian dan TNI,” Cetusnya.

Mungkin para tahanan ini, tambahnya, ingin unjukrasa terkait waktu angin-angin (mereka diperbolehkan keluar ruangan sel tahanan namun masih sebatas dalam area Blok Tahanan), Karena selama ini waktu angin-angin hanya dimulai pukul 09.00 Wib hingga pukul 12.00 WIB saja.

“Mungkin minta diperpanjang waktu angin-angin, Sebab untuk blok tahanan memang penjagaannya lebih ketat karena memang mereka ini masih titipan dan belum sepenuhnya tanggungjawab kita. Jadi belum bisa kita berdayakan, dalam artian belum diberikan pelatihan keterampilan seperti layaknya mereka yang telah berstatus narapidana,” tukasnya.

Terpisah, IPTU Amiruddin selaku KBO Reskrim Polres OKI mengatakan, Kita disini hanya ditugaskan untuk lakukan pemantauan sekaligus Patroli terkait Isu akan terjadi aksi didalam Lapas ini.

“Kita hanya mantau sekaligus patroli, Katanya akan ada aksi disini,” ujarnya singkat.

Hal senada juga dikatakan Danramil 402-10 Kayuagung Kapten Inf R.M.Hatta, Menurutnya, mereka hanya bertugas untuk memback up jika ternyata benar isu akan terjadinya aksi didalam Lapas tersebut.

“Ini sebagai antisipasi saja, jika ternyata benar terjadi, kita lihat saja nanti kelanjutannya seperti apa dan mudah-mudahan aman dan terkendali,” tegasnya. (Romi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *