oleh

Dua Rumah di Babatan Hangus Terbakar

TEBING TINGGI I Puasa pertama di Bulan Ramadhan menjadi luka mendalam bagi sebagian warga di Kabupaten Empat Lawang, terutama di Kampung Peraduan Ijut, Desa Babatan, Kecamatan Lintang Kanan. Sebab di kampung tersebut dilanda kebakaran, akibatnya dua unit rumah habis terbakar.

Mereka yang tinggal di rumah tersebut tidak bisa melaksanakan berbuka puasa dan sahur di rumahnya dan terpaksa menumpang sementara di rumah keluarga mereka terlebih dahulu. Kejadian pada Sabtu (27/5) sekitar pukul 22.30 WIBtersebut juga menyebabkan beberapa rumah rusak, namun tidak menelan korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa. Kerugian materil cukup banyak, karena selain rumah, barang-barang di dalamnya juga habis. Kemungkinan biji kopi juga terbakar, karena sekarang sedang musim panen kopi,” ujar Kapolsek Lintang Kanan, Iptu Hidayat, saat dikonfirmasi, Minggu (28/5).

Dijelaskan kapolsek, asal api muncul dari rumah Santi (70) yang tinggal sendirian. Lalu membesar karena angin kencang dan menyambar rumah disebelahnya, milik Fuad (60) sehingga menyebabkan rumah keduanya habis terbakar. Pihaknya belum mengetahui dan masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

“Belum tahu, apakah dari kompor, listrik atau lainnya. Kami juga belum bertemu dengan korban Santi untuk dimintai keterangannya. Karena saat kejadian, malam hari dan listrik mati,” katanya.

Sementara Camat Lintang Kanan, Almutholib mengatakan, untuk rumah yang habis terbakar yakni milik Fuad dan Santi yang rumahnya berdempetan. Sedangkan rumah yang rusak berat ada tiga unit milik Patih, Yuben, Wes dan untuk rumah rusak ringan milik Sar dan El.

“Kerugian materil milik Fuad ditaksir Rp200 juta dan untuk Santi sekitar Rp100 juta. Awal mula api dari rumah Santi namun penyebabnya belum tahu dari mana. Untuk mengantisipasi kebakaran semakin besar dan menyambar rumah lainnya di sisi kiri dan kanan, warga merusak sebagian rumah korban,” ujar Almutholib.

Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran milik Kecamatan Muara Pinang dan Pendopo serta dibantu warga sekitar. Saat ini para korban menumpang di rumah keluarga mereka dan kejadian tersebut sudah disampaikan ke pihak Pemkab Empat Lawang.

“Secara lisan sudah kami sampaikan, kemungkinan nanti sore dari Dinas Sosial meluncur ke lokasi untuk memberikan bantuan kepada korban kebakaran,” tukasnya. (Ridi)

 

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *