oleh

PT OKI Pulp Kembali Buka Seleksi Beasiswa Tahun Akademik 2017

gadangKAYUAGUNG I PT. OKI Pulp & Paper Mills perusahaan pabrik kertas terbesar di Asia yang saat ini tengah dibangun di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan kembali membuka peluang beasiswa kepada putra putri lokal untuk mengikuti seleksi beasiswa tahun akademik 2017-2018 di Institut Teknologi dan Sains Bandung.

Beasiswa ini juga bertujuan untuk merangkul tenaga kerja dari masyarakat lokal yang memiliki pengetahuan baik mengenai industri pulp dan kertas.”Kita sulit mendapatkan SDM lokal yang ideal. Apalagi generasi muda di pedesaan masih sangat minim mendapatkan pendidikan formal yang baik dengan cara memberikan bantuan beasiswa pendidikan penuh,”kata Manager PT OKI Pulp and Paper, Gadang Hartawan, Rabu (5/4/2017).
 
Hingga saat ini kata Gadang, pihaknya telah membiayai sebanyak 24 putra daerah OKI sejak tahun 2014. “Pada 2014 kita membiayai 4 orang, 2015 sebanyak 10 orang, dan 2016 ada 10 orang dan pada 2017 ini kita kembali memberikan beasiswa untuk 15 orang putra lokal,”terangnya.
 
Menurutnya, selain biaya dibayar penuh para mahasiswa ini juga bebas biaya asrama ditambah uang saku perbulan plus biaya tiket liburan lebaran pertahun kemudian untuk alat tulisnya juga ditanggung oleh perusahaan.
 
“Program ini akan dilakukan setiap tahun bagi masyarakat di sekitar perusahaan hingga kebutuhan tenaga kerja terpenuhi,”kata Gadang.
 
Mengenai rekrutmen beasiswa tersebut kata Gadang, pihaknya memberikan peluang sebesar-besarnya kepada putra daerah OKI yang ada di 18 kecamatan. Hanya saja katanya, untuk kecamatan yang dekat dengan lokasi perusahaan kuotanya lebih banyak. “Siapapun boleh ikut seleksi nanti kita bagi porsinya mungkin untuk kecamatan yang dekat dengan lokasi perusahaan lebih banyak daripada kecamatan lain,”jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKI, Zulkarnain melalui sekretarisnya H Husni mengatakan, ada beberapa perusahaan di Kabupaten OKI yang memberikan beasiswa pendidikan diantaranya PT OKI Pulp and Paper Mills. “Kita sudah mengumumkan rekrutmen beasiswa tersebut ke sekolah-sekolah yang ada,”jelasnya.
 
Kata Husni, bagi siswa yang berminat untuk mengikuti seleksi beasiswa tersebut silahkan mendaftarkan diri langsung ke bagian perencanaan dinas pendidikan OKI atau melalui sekolahnya masing-masing.
 
Adapun syarat-syarat bagi penerima beasiswa tersebut lanjutnya, WNI usia 17-19 tahun, untuk SMU jurusan IPA/SMK jurusan teknik mesin, sehat jasmani dan rohani, membawa surat keterangan bebas narkoba dan bebas catatan kriminal dari pihak kepolisian, nilai rata rata rapor kelas 1,2,3 minimal tujuh untuk mata pelajaran IPA dan Matematika.
 
“Untuk pendafataran dibuka sejak 13 Maret hingga 13 April mendatang kita berharap semakin banyak siswa yang ikut semakin bagus,”jelasnya.
 
Husni berharap, semua perusahaan yang beroperasi di OKI bisa mengikuti jejak PT OKI Pulp and Paper sehingga bisa memberikan kontribusi khususnya dibidang pendidikan. “Kita berharap semua perusahaan bisa peduli terhadap pendidikan putra daerah OKI,”ungkapnya. (Romi Maradona)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *