oleh

Prodi Politik UIN Raden Fatah Gelar Workshop Riset dan Survei

worksopPALEMBANG I Program Studi Politik Islam Universitas Islam Negeri (UIN)  Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan MAHIJA INSITTUTE ( Research and Consulting) menggelar kegiatan Workshop Riset dan Survei dengan Fokus terhadap Partisipasi Publik dalam Kontrol Demokrasi di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, (1/4/2017) yang bertempat di Aula Fakultas Adab dan Humaniora ini diikuti oleh sebanyak 200 peserta baik dari kalangan mahasiswa dan umum.

Moh.Syawaludin, M.A Ketua Prodi Politik Islam mengatakan, Partisipasi publik adalah hal yang berkaitan dengan jaminan atas hak-hak setiap warga negara untuk ikut serta dalam proses-proses pembuatan keputusan politik, mulai dari menentukan pengambilan, pelaksanaan serta kontrol atas berbagai kebijakan publik.

“Melihat pentingnya hal tersebut kita dari Prodi Politik Islam Universitas Islam Negeri (UIN)  Raden Fatah Palembang merasa perlu untuk mengadakan Workshop Riset dan Survei seperti ini,” jelasnya.

Dirinya berharap, Prodi Politik Islam yang akan segera memasuki tahap akreditasi ini mendapatkan nilai yang memuaskan. Selain itu, katanya acara seperti ini akan terus dimaksimalkan agar dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan riset serta survei ke masyarakat umum.

Sementara itu Pembicara sekaligus Direktur Eksekutif MAHIJA INSTITUTE (Research and Consulting), Yulion Zalpa, M.A menerangkan, proses partisipasi publik dalam mengontrol kebijakan pemerintah sangatlah penting, sebab mustahil apabila hanya segelintir elit saja yang menentukkan kebijakan pemerintah.

“Peran publik harus maksimal, karena kebijakan tersebut akan menyasar kepada publik atau masyarakat umum secara keseluruhan,”terangnya.

Selain itu Yulion juga menyampaikan teknik tentang bagaimana cara melakukan riset dan survey. “Kedepan MAHIJA INSTITUTE serta Prodi Politik Islam akan intens melakukan kerjasama dalam hal survei dan riset,”imbuhnya.

Kegiatan tersebut juga ditandai dengan pemberian certificate of agreement dari MAHIJA INSTITUTE ke prodi Politik Islam, dan disaksikan oleh seluruh peserta workshop. (red)

 

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *