oleh

Kantor Pos Cabang Palembang Segera Distribusikan KKS

PALEMBANG I Kantor Pos Cabang Sumatera Selatan segera melakukan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) tahap pertama. Pendistribusian untuk 355.240 kartu bagi masyarakat ekonomi lemah di Sumsel ditargetkan  selesai  hingga  tiga puluh hari kedepan.

Kepala Kanwil Kantor Pos regional III Dimat Tjachrudi mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam proses pengentrian data. Entri data ini bertujuan untuk menyesuaikan identitas kepala keluarga yang tercantum pada kartu dengan data yang mereka terima dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Dalam bulan  ini dipastikan akan kita mulai distribusi langsung ini kepada penerima KKS yang ada di Sumsel,”katanya, Selasa (19/4/2016).

KKS ini sendiri merupakan pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang selama ini  digunakan dala pemberian bantuan oleh pemerintah pusat. Seperti pendataan untuk penerima Program Sosial Keluarga Sejahtera (PSKS) yang sifatnya insidentil, misal subsidi ketika terjadi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kenapa KPS diganti dengan KKS, apa bedanya itu kan program pusat dan Kemensos. Kantor Pos hanya bertugas mendistribusikan ke masyarakat penerima,”ujarnya

Pendistribusian kartu ini ke masyarakat dilakukan secara langsung dengan mengantarkannya ke rumah penerima sesuai dengan alamat yang tercantum pada amplop. Dimat menyatakan jika pihaknya telah menerima KKS tersebut di dalam amplop yang telah dicantumkan alamat penerima.

Tak ada satupun petugas Kantor Pos yang boleh membuka amplop, meskipun dalam proses pengecekan amplop.“Selesai entri data, amplop berisi KKS itu akan dikirimkan langsung petugas kita ke rumah penerima. Jika kesulitan baru kita akan lakukan koordinasi dengan camat atau lurah setempat, misal kebingungan menemukan alamat penerima,”ungkapnya.

Untuk Kota Palembang sendiri, akan disebarkan sekitar 44 ribu KKS ke 16 kecamatan. Kepala Kantor Pos Besar Merdeka Palembang Rodi Herawan menyatakan, jika pihaknya saat ini sedang menyelesaikan proses pengentrian data.Pendistribusian KKS ini disebutnya sudah harus selesai paling lambat tanggal 15 Mei mendatang.

“Untuk wilayah layanan Kantor Pos cabang Palembang kita yakin bisa sesuai target, tidak akan ada kendala. Kecuali yang seperti di Lalan, Muba. Itu daerah perairan, kemungkinan kita akan berdayakan komunitas dengan mengumpulkan warga, tak bisa diantar langsung ke rumah,”tukasnya. (Supardi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *