oleh

Pemkab Empat Lawang Berjanji Tuntaskan Masalah Sampah

indexEMPAT LAWANG I Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Pasar, Kebersihan dan Keindahan Kota (DPK3) berjanji, dalam bulan ini akan mengentaskan persoalan sampah yang berada tepat dibibir Jalan Lintas Sumatera Tengah (Jalinsumteng) Desa Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Kepala (DPK3) Empat Lawang, Zainul Arifin, menuturkan,  dalam Maret ini pihaknya segera merelokasi TPA lama yang berada di Talang Gunung. “TPA lama itu sudah tidak difungsikan sejak satu bulan terakhir. Kita sudah pakai TPA yang baru, yang lama insyaAllah bulan ini direlokasi, kita lagi nunggu mobil pengangkut alat berat kesana,” ungkapnya, Kamis  (11/3/2016).

Diakui Zainul, TPA baru yang berada di KM 10 Kecamatan Tebing Tinggi baru bisa difungsikan sejak sebulan terakhir. Sebab selama ini untuk pembuangan sampah ke lokasi tersebut selain jauh, kondisi jalannya rusak. Jadi pihaknya masih memilih membuang ketempat yang lama.

“Dulu jalannya rusak, Alhamdulillah sekarang jalannya sudah bagus, jadi sudah bisa di buang ketempat yang baru,” sebutnya

TPA baru dengan luas 13 hektar itu saat ini hampir tidak ada masalah untuk menampung sampah 200 kubik setiap bulannya. Dengan dibantu 3 armada mobil diesel pihak DPK3 membuang sampah 2 hari sekali dengan menempuh medan yang jauh dan berbukitan itu.

“Kita buang dua hari sekali, selain mobil diesel kita juga ada motor roda 3, tapi motor tidak sanggup untuk ke TPA yang baru, jadi sampah dari motor kita tampung dulu, setelah banyak baru dibawa pake mobil,” jelasnya.

Zainul memaparkan, kondisi TPA baru juga belum sempurna untuk dimanfaatkan. Sebab TPA ini hanya bisa dipakai sebagai tempat pembuangan, bulum bisa dimanfaatkan untuk pengolahan sampah.

“Fasilitas pengolahan sampah 3 era belum ada, seperti ada yang mau kita pilah, sampah organik dan anorganik, mana yang bisa daur ulang dan tidak. InsyaAllah dalam tahun ini akan dibangun anggaran dari pusat,” tuturnya.

Disinyalir Zainul, TPA yang lama,  masih ada masyarakat yang nakal masih membuang sampah dilokasi tersebut. Tapi pihaknya berani memastikan bahwa itu hanya segelintir masyarakat. “Saat ini kita sukar mengetahui masih ada yang nakal atau tidak, tapi yang pasti kita bakal segera relokasi, kalau sudah direlokasi ternyata masih ada sampah, berarti ketahuan ada yang nakal,” ucapnya

Yang jelas, diulang Zainul, pihaknya akan menyelsaikan persoalan sampah di Desa Talang Gunung. “InsyaAllah kita akan selesaikan, segera kita turunkan alber untuk merelokasi sampah-sampah tersebut,” pungkasnya (ridi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *