oleh

Messi Tampil di Tiga Laga dengan Batu Ginjal

Penampilan Lionel Messi meningkat sejak menjalani terapi batu ginjal. (REUTERS/Sergio Perez)
Penampilan Lionel Messi meningkat sejak menjalani terapi batu ginjal. (REUTERS/Sergio Perez)

BARCELONA I Bintang Barcelona, Lionel Messi, menjalani tiga pertandingan di awal 2016 dengan mengalami penyakit gagal ginjal. Hal itu diungkapkan dokter Francisco Ruiz Marcellan yang menangani penyakit penyerang asal Argentina tersebut.

Penyakit batu ginjal Messi kali pertama terdeteksi ketika Barcelona menjalani Piala Dunia Antarklub 2015 di Jepang. Pemain 28 tahun itu harus absen saat menghadapi Guangzhou Evergrande di babak semifinal, Desember 2015 lalu.

Usai Piala Dunia Antarklub 2015, Messi berhasil mencetak 12 gol dari 11 pertandingan sebelum menjalani terapi gelombang kejut lithotripsy di Dexeus Clinic, 9 Februari lalu. Marcellan mengatakan Messi harus menahan rasa sakit di tiga dari 11 pertandingan tersebut.

“Messi memainkan tiga pertandingan dengan batu di ginjalnya. Dia bermain dengan suntikan penahan rasa sakit, karena dia belum menjalani terapi,” ujar Marcellan kepada TV3.

Marcellan mengatakan, Messi menjalani terapi lithotripsy yang memiliki energi mekanik dengan kemampuan memecahkan batu ginjal. Namun, Marcellan memperingatkan Messi kalau penyakit batu ginjal bisa kembali dialaminya.

“Dengan genetik seperti ini, sangat mudah bagi Messi untuk memiliki dua hingga delapan batu ginjal hingga dia 50 tahun,” ucap Marcellan.

Messi untuk sementara terbebas dari penyakit batu ginjal. Penampilan kapten timnas Argentina itu pun menunjukkan peningkatan dalam beberapa pekan terakhir.

Total Messi sudah mencetak 35 gol dari 35 penampilan di semua kompetisi musim ini. Messi juga berpeluang membawa Barcelona meraih treble untuk dua musim beruntun.(CNN)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *