oleh

Cegah Kriminalitas, Ini Dia Pesan Pemerintah Empat Lawang

Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) Empat Lawang, Januarsyah Hambali MM
Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) Empat Lawang, Januarsyah Hambali MM

EMPAT LAWANG I Tindak kriminal bisa terjadi kapan pun dan dimana pun. Tak terkecuali di daerah Empat Lawang sendiri. Guna mencegah hal demikian,  Pemerintah Kabupaten Empat Lawang mengajak ke pada seluruh masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan sejak dini, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta lingkungan agar terhindar dari bencana. Pemerintah juga mengimbau kepada para kepala desa (Kades) yang ada di sepuluh kecamatan di wilayah Kabupaten Empat Lawang, untuk mengajak warganya secara bersama-sama menjaga lingkungan secara swadaya.

“Salah satu bentuk efektivitas mencegah tindak criminal yakni dengan pengawasan keamanan lingkungan dan meningkatkan kewaspadaan sejak dini,” kata Kepala Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) Empat Lawang, Januarsyah Hambali MM, Selasa (8/3).

Menurutnya, secara umum setiap wilayah memiliki potensi terjadinya tindak bencana sekaligus tindak kriminalitas, karenanya sebagai elemen yang paling dekat dengan masyarakat kades harus mengupayakan sistem keamanan di desanya masing-masing.

“Kan bencana ada dua kategori diantaranya bencana alam dan bencana sosial. Oleh karenanya kitas mengimbau dan megajak kepada masyarakat tingkatkan kewapadaan sejak dini terutama ditingkat Desa dan lingkungan sekitar,” terangnya.

Ditimbahkannya, untuk meminimalisir kategori bencana alam seperti longsor dan banjir, dirinya berpesan kepada Kades dan masyarakat untuk dapat aktif bersama bergotong royong semisal dengan membersihkan gorong-gorong yang bisa menyebabkan banjir dan lain sebagainya.

“Peran serta dari mayarakat dalam menjaga lingkungan sekitar guna menghindari bencana alam dengan melalukan berbagai kegiatan wilayah masing-masing,” ajaknya.

Sedangkan untuk bencana sosial kades dan elemen masyarakat dapat aktif juga melalukan pengaktifkan kembali poskamling yang ada. “Kalau terjadi tindak kriminalitas serta ganguan lainnya masyarakat dapat segera bertindak dan melapor kepihak kepolisian,” tukasnya (Ridi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *