oleh

Pemkab Empat Lawang Ajak Warga Sukseskan PIN Polio

pinEMPAT LAWANG I Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Empat Lawang mengingatkan bagi warga se-Empat Lawang bahwa pada Selasa (8/3), akan digelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang berlangsung dari 8-15 Maret 2016.

Kepala Dinkes Empat Lawang, M Taufik menyebut, PIN Polio digelar secara serentak se-Indonesia. Untuk di Empat Lawang sendiri, Taufik menyebut, jadwal sudah dilakukan puskesmas masing-masing, di setiap desa dan kelurahan ada pos PIN.

 “Ayo bagi seluruh warga yang ada di Empat Lawang, segera bawa anaknya besok (hari ini.red) yang masih Balita untuk segera mendatangi pos PIN Polio yang sudah disediakan, lakukan imunisasi untuk anak kita,” imbau Taufik.

Taufik berujar, banyak manfaat jika Balita diberikan imunisasi.  “Imunisasi memberikan fungsi serta manfaatnya dalam hal untuk melindungi bayi yang kadar imunitas tubuhnya masih sangat rentan dari penyakit yang bisa dan dapat untuk menyebabkan kesakitan, kecacatan, ataupun bahkan kematian bayi,” jelasnya

Imunisasi, lanjut Taufik, merupakan bagian dari pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) kedalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap jenis penyakit tertentu. “Imunisasi merupakan suatu sistem kekebalan yang diberikan pada manusia dengan tujuan melindungi individu tersebut dari penyakit yang dapat membahayakan jiwa anak-anak kita,” paparnya

Mengenai Vaksin, Taufik menyebut, jumlahnya cukup, bahkan dilebihkan sekitar 20 persen.

“Dilebihkan karena tahun-tahun kemarin, bukan warga Empat Lawang saja yang imunisasi tapi warga kabupaten lain, terutama daerah perbatasan lebih memilih ke Empat Lawang untuk imunisasi,” bebernya.

Masih kata Taufik, untuk jumlah sasaran balita, bisa  mencapai puluhan ribu balita dengan usia 0-59 bulan. “Untuk diketahui, Kabupaten Empat Lawang tahun lalu bebas polio, mudah-mudahan tahun ini kembali bebas polio. PIN Polio gratis ini untuk mengantisipasi virus polio pada balita dan di 2020 pemerintah menargetkan bebas virus polio. Sekali lagi kami mengimbau ke pada warga untuk mengajak balitanya ke Pos PIN Polio, segera lakukan Imunisasi agar anak Empat Lawang sehat dan bebas dari Virus Polio,” tandasnya (ridi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *