oleh

Bupati OI Panen Raya Ikan Nila

INDERALAYA I Bupati Ogan Ilir AW Nofiadi Mawardi dan Wakil Bupati OI  HM Ilyas Panji Alam melakukan panen raya ikan nila di keramba milik Ansori alias Ete Marpen di Desa Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), kemarin. Setidaknya ada sekitar 3 ton ikan nila dipanen dan siap dijual baik di Ogan Ilir maupun didaerah luar OI.

Bupati Ogan Ilir AW Nofiadi Mawardi menyatakan pihaknya sangat mendukung langkah peternak ikan dalam upaya membudidayakan ikan. Apalagi budidaya ikan sangat menjanjikan dan menunjang perekonomian masyarakat.

“Ditengah harga karet dan sawit yang turun, langkah budidaya ikan juga menjadi alternatif mencari penghasilan. Apalagi budidaya ikan sangat menjanjikan dan sangat membantu perekonomian masyarakat,”kata Bupati Oi AW Nofiadi, kemarin.

Menurut Bupati, pembudidayaan ikan juga jika diseriusi akan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat lain yang masih menganggur. Namun itu semua harus dijalani dengan kerja keras dan sungguh-sungguh.

Bupati pun menekankan agar program budidaya ikan ini juga harus dilakukan dengan pengawasan melekat sehingga usaha budidaya ikan dapat berjalan dengan baik.

“Terpenting didalam budidaya ikan ini ialah pengawasan melekat. Bagus tidaknya program, pengelolaan dan masa pembibitan kalau tidak dilakukan pengawasan maka akan buruk hasilnya. Sebaliknya, jika pengawasan baik, tentu hasilnya pun juga akan memuaskan,” ucap Bupati.

Bupati berharap budidaya ikan dapat dilakukan masyarakat lainnya. Dengan begitu penghasilan tambahan dari berwirausaha ikan dapat diperoleh tanpa menggantungkan usaha dari perkebunan karet maupun sawit.

Sementara itu, Kepala Dinas Perternakan dan Perikanan Ogan Ilir, Tarmuzi menambahkan  saat ini Ogan Ilir tercatat sebagai pengembang ikan patin terbesar di Sumsel.

“Selain itu juga, produksi ikan yang dihasilkan OI mengalami suplus. Bahkan kami sempat mengirimkan ikan ke beberapa daerah di Sumsel dan bahkan hingga ke Jakarta,” ujarnya.

Saat ini, kata Tarmuzi, minat masyarakat untuk melakukan budidaya ikan di Ogan Ilir sangat tinggi. Tercatat sampai saat ini ada sekitar 60 kelompok yang menekuni usaha budidaya ikan dan mengajukan bantuan untuk budidaya ikan. (ST)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *