oleh

Anggarkan Rp 150 Miliar untuk Perbaikan Jalan di Palembang

Ilustrasi
Ilustrasi

PALEMBANG I Kondisi jalan di metropolis mulai mengalami kerusakan terutama jalan yang mulai berlubang, Dinas PUBM dan PSDA Palembang mengklaim akan segara melakukan perbaikan, direncanakan, pengerjaan perbaikan jalan akan dimulai pada awal Maret ini yang menelan anggaran mencapai Rp 150 Miliar.

Kepala Dinas PUBM dan PSDA Palembang Darma Budhy mengatakan, dana tersebut berasal dari sharing antara Dana Alokasi Khusus (DAK) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Povinsi Sumsel, dan Kota Palembang.

“Dari DAK mencapai Rp 27 Miliar, Rp 19 Miliar berasal dari APBD Sumsel, dan sisanya berasal dari APBD Palembang. Pengerjaannya kita pastikan dimulai pada awal Maret ini, perbaikan akan dilakukan di 200 titik yang tersebar,”kata Budhy, Senin (29/2/2016).

Menurut Budhy dari 200 titik yang akan dilakukan perbaikan merupakan jalan di bawah pengawasan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Karena jalan ada tiga kewenangan jalan Kabupaten/Kota, Provinsi dan nasional

“Ada jalan negara, yang diurusi oleh BBPJN (Balai Besar Perencanaan Jalan Nasional). Juga ada yang dikelola Provinsi dan ada ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkot, sehingga jika rusak kita yang harus perbaiki,”kata Budhy.

Seperti Jl Mayor Ruslan tepatnya di sepanjang jalan depan SMK Negeri 6, SMA Negeri 18 Palembang, hingga simpang Universitas IBA. Jalan terpantau rusak akibat banyak lubang kecil hingga relatif besar. Bukan tak mungkin, lubang di jalan tersebut akan menyebabkan celaka bagi pengguna jalan, khususnya pengendara roda dua.

Budhy menegaskan jika ruas jalan tersebut juga menjadi prioritas pihaknya untuk segera diperbaiki tahun ini. Karena tanggungjawab Pemkot Palembang.

“Tetapi kita rutin memperbaikinya. Jalan di kawasan Gandus, di Talang Kelapa, dan Sukarami juga akan menjadi titik yang paling banyak akan kita perbaiki,”tukasnya.

Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Palembang, Antoni Yuzar meminta kepada PU BM dan PSDA untuk segara melakukan perbaikan jalan yang sangat mengkhawatirkan, karena jalan adalah akses yang paling utama dalam menjalani aktfitas.

“Kami berharap jalan segara dilakukan perbaikan diseluruh Kota Palembang, karena masih banyak jalan yang rusak dan sebagainya,”jelasnya.

Pantaun disejumlah jalan mengalami kerusakan parah seperti yang terjadi di jalan Perumnas Talang Kelapa Kecamatan Alang-ALang Lebar yang sangat mengkhawatirkan, selian berlobang ketika hujan tiba jalan ini menjadi becek. Masih banyak jalan yang mengalami kerusakan sehingga diperlukan perbaikan oleh PU BM dan PSDA. (Supardi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *