oleh

InnovAstra Lahirkan 6.691.989 Proyek

astraJAKARTA I Sejak tahun 1980 inovasi telah digaungkan menjadi sebuah budaya di Astra. InnovAstra menjadi ajang tahunan yang mewadahi Insan Astra di seluruh tanah air untuk menampilkan kemampuan berinovasi. Tema yang diangkat dalam pelaksanaan yang ke-32 tahun ini adalah Bringing Up the Next Landscape.

“Penyelenggaraan acara ini membuktikan bahwa InnovAstra merupakan cerminan konsistensi dan keyakinan Insan Astra untuk terus menerus berusaha melakukan yang terbaik demi membangun Astra dari waktu ke waktu. Hasilnya dapat kita lihat dan rasakan pada hari ini. Astra terus berkembang dan menjadi salah satu aset bangsa negeri ini yang pada gilirannya diharapkan menjadi perusahaan kebanggaan bangsa [Pride of the Nation],” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Kinerja yang telah dicapai merupakan hasil dari suatu proses. Bagi Astra, ini merupakan sebuah keyakinan bahwa proses yang baik akan membuahkan hasil yang baik dengan unsur 3W (Winning Team, Winning Concept dan Winning System). Dengan Winning Team, Astra meyakini bahwa bila bersama-sama, seluruh Insan Astra bisa menghadapi setiap peluang dan tantangan bisnis untuk memenangkan persaingan melalui strategi yang unggul

“Pada tahapan new landscape ini, artinya bukan melalui penambahan portofolio yang baru, namun terobosan dalam model bisnis, proses bisnis dan juga model organisasi yang tepat, yang tentunya sejalan dengan semangat inovasi dalam pelaksanaan Innovastra ke-32 ini,” tambah Prijono.

Ada lima kategori yang dilombakan dalam ajang InnovAstra setiap tahunnya. Pada tahun 2016 ini, rincian proyek-proyek InnovAstra adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Suggestion System (SS) atau Sistem Saran adalah improvement dan inovasi kategori individu menghasilkan 733.907 proyek.
  2. Kategori Quality Control Circle (QCC) merupakan improvement dan inovasi kategori tim dalam satu departemen menghasilkan 8.098 proyek.
  3. Kategori Quality Control Project (QCP) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas departemen dalam satu divisi menghasilkan 1.149 proyek.
  4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas divisi dalam satu perusahaan menghasilkan 92 proyek.
  5. Kategori Value Chain Innovation (VCI), yang baru dimulai sejak tahun 2013, adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas perusahaan menghasilkan 25 proyek.

Sehingga total proyek yang dihasilkan dari lima kategori di atas mencapai 743.271 proyek.

Bila dilihat dari 1980 hingga tahun ini, InnovAstra menghasilkan proyek dengan jumlah yang cukup banyak dari setiap kategori, perinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Suggestion System (SS) atau Sistem Saran hingga saat kini menghasilkan 6.602.121 proyek.
  2. Kategori Quality Control Circle (QCC) hingga saat ini menghasilkan 80.814 proyek.
  3. Kategori Quality Control Project (QCP) hingga saat kini menghasilkan 8.478 proyek.
  4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) hingga saat ini menghasilkan 480 proyek.
  5. Kategori Value Chain Innovation (VCI), hingga saat ini telah menghasilkan 96 proyek.

Sehingga jumlah total proyek dari seluruh kategori sejak awal pelaksanaan hingga kini adalah

6.691.989 proyek.

Astra Award dibagi dalam empat grup. Grup 1 diikuti 10 perusahaan, Grup 2 diikuti 4 perusahaan, Grup 3 diikuti 6 perusahaan dan Grup 4 diikuti oleh 4 perusahaan. Sehingga totalnya ada 24 perusahaan yang mengikuti Astra Award 2016.

Selain memberikan apresiasi kepada para pemenang InnovAstra dalam lima kategori, dalam acara hari ini juga diserahkan penghargaan Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC). AGC telah dimulai sejak tahun 1999 dan terus dikembangkan hingga kini. AGC memuat kriteria di bidang Pengelolaan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (LK3). AGC bertujuan untuk mencapai operasi bisnis yang ramah lingkungan dan keberlanjutan di tiap-tiap bisnis dan operasi Grup Astra. (rel)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *