oleh

Korupsi Dana Bansos Mantan Kades Palu Kecamatan Pemulutan Ditahan

INDERALAYA I Diduga terindikasi melakukan tindak pidana korupsi penggunaan dana bantuan sosial (bansos) Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) melalui program Stimulan Pembangunan Swadaya (BSPS) sebesar Rp340.250.000 tahun 2013, tersangka mantan Kepala Desa (kades) Palu Kecamatan Pemulutan Selatan, Buchori,43 ditangkap Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Ogan Ilir (OI) dipimpin Ipda Sondi Fraguna.

Warga Dusun IV RT 08 Desa Palu, Kecamatan Pemulutan Selatan, Kabupaten OI itu ditangkap petugas saat akan ke kantor Camat Pemulutan Selatan guna melengkapi berkas pencalonan pemilihan kades serentak Kabupaten OI yang dijadwalkan berlangsung pada April mendatang.

Informasi yang dihimpun dilapangan, berawal dari adanya laporan masyarakat yang menyampaikan bahwa ada dugaan kuat terjadi korupsi dana bansos BSPS yang dilakukan mantan Kades Palu tahun 2013.

Bansos program Kemenpera tersebut diberikan kepada 95 Kepala Keluarga (KK) Desa Palu Kecamatan Pemulutan Selatan yang tergolong ke dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Namun sayangnya oleh tersangka Buchori, mantan Kades Palu, dana senilai Rp300juta itu yang seharusnya digunakan untuk pembelian bahan-bahan material perbaikan rumah bagi 95 KK kategori MBR, namun sampai saat ini program tersebut tak kunjung direalisasikan.

“Ditetapkannya tersangka berdasar hasil penyelidikkan dan pemeriksaan dari beberapa saksi. Saat itu tersangka menjabat sebagai Kades Palu. Bahkan indikasi dugaan korupsi dana bantuan BSPS program Kemenpera tahun 2013 itu diperkuat dengan adanya hasil audit dari pihak Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP),”kata Kapolres OI AKBP Denny Y Putro melalui Kasat Reskrim AKP Haris Munandar didampingi Kanit Pidkor Polres OI Ipda Sondi Fraguna Selasa, (23/2/2016). (ST)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *