oleh

Komisi IX DPR RI Janjikan Kelengkapan Alkes di RSUD Ogan Ilir

INDRALAYA I Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menjanjikan bantuan kelengkapan fasilitas sarana prasarana berupa alat kesehatan (alkes) yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ogan Ilir tahun depan. Dengan adanya ketersediaan kelengkapan alkes dipastikan akan makin mempermudah dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kami berjanji akan memprioritaskan bantuan alkes ditahun depan yang akan dimasukkan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017. Tapi kami tetap akan upayakan agar bantuan itu masuk di dalam APBNPerubahan tahun 2016,”kata Ketua Komisi IX Dede Yusuf Jumat (19/2/2016).

Menurut Dede Yusuf, pemenuhan alkes di RSUD ini sangat vital guna menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dia menyebutkan jika memang tidak memungkinkan dimasukkan dalam APBD Perubahan, namun pihaknya akan tetap membawa masalah ini pada pembahasan APBN tahun 2017 yang rencananya akan dilakukan Maret tahun ini.

“Kalau melihat gedung RSUD ini sudah sangat mumpuni. Namun perlu ditunjang atas ketersediaan alat kesehatan memadai. Ya, kami punya target Ogan Ilir masuk dalam skala prioritas di APBN 2017,”tuturnya.

Dia berharap keberadaan RSUD Ogan Ilir ini dapat memberikan kemudahan dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat sekaligus menjadi rumah sakit alternatif masyarakat baik Ogan Ilir maupun kabupaten lainnya.

Saat ini RSUD Ogan Ilir menyandang akreditasi tipe C yang berada didalam Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Indralaya. Sayangnya sebagian masyarakat baik di Ogan Ilir maupun kabupaten lain kerap merujuk pasien langsung ke RSUD Kayuagung maupun Palembang menginggat keterbatasan spesialis tenaga medis maupun penunjang alkes.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir Nofiadi Mawardi berharap bantuan dari pemerintah pusat agar fasilitas RSUD OI dapat terpenuhi ditahun depan.

“Ogan Ilir merupakan daerah strategis sebagai penyanggah Kota Palembang. Jika fasilitas RSUD OI sudah memadai, maka RSUD Ogan Ilir ini akan menjadi rumah sakit rujukan dari kabupaten lain seperti OKI, Prabumulih atau daerah lainnya dan tidak mesti ke rumah sakit di Palembang,”jelas Bupati. (ST)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *