oleh

Kontroversi Mainan Seks dan Pengisap Ganja di Tas Oscar

Bukan hanya isu hitam putih, Oscar tahun ini juga diganjal isu tas hadiah. (David McNew/Getty Images)
Bukan hanya isu hitam putih, Oscar tahun ini juga diganjal isu tas hadiah. (David McNew/Getty Images)

CALIFORNIA I Selama ini, Academy of Motion Pictures and Art Sciences sudah cukup menahan diri melihat apa yang dilakukan Distinctive Assets. Namun tahun ini, mungkin didorong oleh isu hitam-putih dan boikot, penyelenggara ajang Oscar itu pun akhirnya muak.

Selasa (16/2) lalu, Academy menyampaikan gugatan kepada pengadilan federal California melawan Lash Fary, yang diketahui juga sebagai Distinctive Assets. Mengutip Variety, itu perusahaan pemasaran yang menawarkan produk atas nama ajang Oscar.

Beberapa tahun belakangan, Distinctive Assets mengeluarkan produk paket hadiah dengan slogan “Semua Menang di Oscar! Tas Hadiah untuk para Nomine.” Perusahaan itu sudah mendapat banyak pujian sebagai penyedia tas hadiah tamu Oscar.

Namun AMPAS sendiri tahun lalu sudah memberi pernyataan yang menegaskan bahwa pihaknya tak ada hubungannya dengan paket-paket hadiah itu.

“Tahun lalu, Academy berusaha mempermasalahkan kesalahan Distinctive Assets melakukan pelanggaran representasi tanpa pendakwaan. Kini kami tak punya pilihan lain selain mengajukan tuntutan hukum,” demikian kata juru bicara Academy, Jumat (19/2).

Pengajuan gugatan atas nama AMPAS yang disampaikan oleh pengacara Quinn Emanuel itu mengharap perintah tertulis dari pengadilan melipatgandakan keuntungan serta kerugian, setelah perselisihan dengan perusahaan Distinctive Assets yang terjadi dengan AMPAS tahun lalu.

Menurut AMPAS, kesalahan yang kembali dilakukan Distinctive Assets tahun ini karena masih menggunakan nama Oscar, bukan hanya melanggar trademark Academy, tetapi juga melemahkan nama baik yang selama ini dipegang teguh AMPAS.

Apalagi, pemberitaan di media tentang tas hadiah tahun ini fokus pada “ketidaksehatan produk yang ada di dalam tas.” Ada sertifikat sebesar US$5.500 untuk operasi plastik, US$1.900 untuk operasi payudara, mainan seks senilai US$250 , dan alat pengisap ganja yang juga senilai US$250.

Selain itu, masih ada perjalanan mewah ke Israel didanai perusahaan, meski dikecam oleh seniman Palestina di Inggris. Organisasi itu sampai memohon agar tas itu sebaiknya diberikan saja kepada para pengungsi Palestina yang selama ini kesusahan.

Selama ini, AMPAS tak pernah mengeluarkan tas hadiah untuk nomine dan tamu Oscar. Kebiasaan itu berhenti pada 2006, setelah negosiasi panjang AMPAS dengan IRS perkara pajak atas hadiah itu.

Pada 2012, Distinctive Assets pernah menawarkan paket hadiah kepada pemenang, menggembar-gemborkan itu sebagai hiburan bagi yang tak menang empat kategori utama film dan akting. Tahun lalu, hadiah yang ditawarkan cukup menarik.

Di antaranya, perjalanan kereta merah senilai lebih dari US$14.500, perjalanan senilai US$12.500, penyewaan mobil mewah senilai US$20.000 dan paket memermak diri senilai lebih dari US$14.200. Namun, ada juga hadiah vibrator dan alat pengisap.(CNN)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *