oleh

Syi’arkan Islam di Pelosok Desa Pemkab OKI Gelar MTQ ke XXVII di Mesuji Makmur

Bupati OKI. Iskandar SE sat mengukuhkan dewan juri MTQ. Fhoto : Romi
Bupati OKI. Iskandar SE sat mengukuhkan dewan juri MTQ. Fhoto : Romi

KAYUAGUNG I Guna menyi’arkan islam di pelosok desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Pemerintah Kabupaten OKI kembali menggelar MTQ yang ke XXVII yang dipusatkan di Desa Catur Tunggal, Kecamatan Mesuji Makmur.

Bupati OKI, Iskandar SE mengatakan, pelaksanaan MTQ di kabupaten OKI sengaja dilaksanakan di pelosok desa guna mensyiarkan islam, dan menanamkan sifat cinta Al-Quran sekaligus menjalin silaturahim. “ Semangat membangun desa tidak boleh terhenti untuk itu sengaja MTQ ini kita adakan dipelosok desa mungkin untuk pelaksanaan MTQ kedepan akan dilaksanakan di daerah pelosok lain, ini dilakukan juga untuk mendengarkan keluhan masyarakat di daerah-daerah,”kata Iskandar saat membuka kegiatan MTQ ke XXVII di Desa Catur Tunggal, Kecamatan Mesuji Makmur, Rabu (17/2/2016).

Kafilah kecamatan mesuji makmur Fhoto : Romi
Kafilah kecamatan mesuji makmur Fhoto : Romi

Katanya, indicator keberhasilan MTQ tidak dilihat dari faktor kesemarakan semata. Namun yang lebih penting, mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al Quran dan terwujud di kehidupan masyarakat OKI.

Dirinya berharap, dengan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten OKI ini bisa memperoleh Qori’, Qori’ah terbaik untuk mewakili OKI di ajang MTQ tingkat Provinsi Sumsel.

“Kita akan memberikan penghargaan bagi mereka yang berprestasi. Baik pada MTQ tingkat Kabupaten OKI, maupun tingkat Provinsi nantinya,” ujarnya lagi.

Penampilan tari dari sanggar binaan pemkab OKI. Fhoto : Romi
Penampilan tari dari sanggar binaan pemkab OKI. Fhoto : Romi

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda OKI, Asnil Fikri menuturkan, ada 792 kafilah yang ikut meramaikan MTQ kali ini, dan semuanya merupakan perwakilan dari 18 Kecamatan.

Menurutnya, MTQ ke XXVII tingkat Kabupaten OKI digelar  hingga tanggal 23 Februari 2016. Ada 22 cabang, kategori putra dan putri yang diperlombakan pada MTQ ke XXVII tingkat OKI.

Penampilan Marcingband dari siswa SMA Kayuagung. Fhoto : Romi
Penampilan Marcingband dari siswa SMA Kayuagung. Fhoto : Romi

Asnil mengatakan, pada MTQ tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan pada Maret atau April 2016 di Lubuklinggau pihaknya menargetkan OKI bisa masuk lima besar, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Kafilah Kecamatan Kayuangung saat melakukan pawai. Fhoto : Romi
Kafilah Kecamatan Kayuangung saat melakukan pawai. Fhoto : Romi

“Kita tidak muluk-muluk, masuk urutan lima besar saja sudah bersyukur. Memang jika melihat prestasi tahun sebelumnya, kita berada di posisi dua besar. Intinya kita optimis tetap bertahan di posisi tersebut, syukur-syukur mampu meraih juara umum pertama,” tutupnya.(ADV/Humas OKI)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *