oleh

Lionel Messi, Si Peniru yang Hebat

Lionel Messi (kiri) memberikan kejutan di hari Valentine dengan menyodorkan umpan kepada Luis Suarez saat mengeksekusi penalti. (REUTERS/Albert Gea)
Lionel Messi (kiri) memberikan kejutan di hari Valentine dengan menyodorkan umpan kepada Luis Suarez saat mengeksekusi penalti. (REUTERS/Albert Gea)

BARCELONA I Aksi ‘umpan penalti’ Lionel Messi jadi perbincangan hangat usai La Liga pekan ini berakhir. Messi dianggap sukses meniru ‘tendangan penalti legendaris’ milik Johan Cruyff. Ternyata, aksi Messi meniru legenda bukan kali pertama terjadi.

Messi tak diragukan lagi masuk dalam salah satu pemain terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola. Seolah ingin menegaskan kehebatannya, Messi pun beberapa kali meniru gol-gol yang dikenang dalam sejarah sepakbola.

Berikut sejumlah aksi Messi meniru legenda seperti dikutip dari Marca:

Tangan Tuhan Maradona

Gol tangan tuhan Diego Maradona merupakan salah satu gol yang tak mungkin dilupakan dari sejarah sepakbola. Maradona menggunakan tangannya saat ia tak mampu memenangi duel lawan kiper Inggris, Peter Shilton di Piala Dunia 1986.

Aksi hebat Maradona itu pun kemudian berhasil diulangi Messi pada laga lawan rival sekota Barcelona, Espanyol tahun 2007 silam. Saat itu umpan silang yang dilepaskan ke arah Messi membentur bek Espanyol sehingga bola melambung di antara Messi dan kiper Espanyol, Carlos Kameni. Messi melompat namun gagal menjangkau bola dengan kepalanya, namun ia dengan cekatan menggunakan tangan untuk mendorong bola masuk ke gawang.

Sama seperti gol tangan tuhan Maradona yang membuat pemain-pemain Inggris protes, kubu Espanyol pun naik darah begitu wasit mengesahkan gol Messi ini.

Solo Run Maradona

Pada hari yang sama saat ‘Tangan Tuhan Maradona’ tercipta, Maradona juga membukukan gol kelas dunia lainnya ke gawang Inggris. Maradona berlari dari tengah lapangan, menggiring bola sendirian, melewati enam pemain termasuk kiper sebelum menceploskan bola ke gawang.

Aksi brilian Maradona itu ternyata bisa ditiru dengan sempurna oleh Messi, juga pada tahun 2007. Menghadapi Getafe, Messi berlari dari tengah lapangan dan melewati lima pemain Getafe. Kiper Getafe pun berhasil dilewati Messi, seperti halnya Maradona. Hanya ada sedikit perbedaan, yaitu Maradona mencetak gol dengan kaki kiri, sedangkan Messi lewat kaki kanan.

Gol Puskas ke Gawang Inggris

Legenda sepakbola Hungaria, Ferenc Puskas pernah membawa negaranya menang 6-3 atas Inggris di Stadion Wembley. Gol Puskas di laga itu cukup dikenang lantaran ia dengan dingin menarik bola dengan kakinya di muka gawang sebelum akhirnya melepaskan tembakan.

Messi melakukan hal yang sama saat Barcelona berjumpa dengan Glasgow Celtic di tahun 2008. Messi yang mendapatkan bola liar di muka gawang tak terburu-buru melepaskan tembakan. Ia dengan tenang menarik bola dengan kaki kirinya, sebelum melepaskan tembakan ke gawang.

Tendangan Bebas Datar Ronaldinho

Bintang Barcelona era 2000-an, Ronaldinho pernah mencetak gol tendangan bebas spektakuler ke gawang Werder Bremen di musim 2006/2007. Menghadapi pagar hidup tim lawan, Ronaldinho memilih melepaskan tembakan bebas yang mendatar dan kencang. Pagar hidup Bremen melompat membuat bola bisa meluncur deras masuk ke gawang.

Messi mengulangi hal tersebut saat membela Argentina menghadapi Uruguay di sebuah laga persahabatan. Messi mengirimkan bola secara mendatar sementara pagar hidup Uruguay melompat. Bola pun bersarang di pojok kiri gawang Uruguay. Messi sendiri mengakui bahwa golnya ke gawang Uruguay terinspirasi dari gol Ronaldinho.

Umpan Penalti Johan Cruyff

Johan Cruyff mencatatkan salah satu masterpiece dalam kariernya ketika ia memilih mengumpan tendangan penalti yang didapatnya ke Jesper Olsen. Kiper terkejut dengan aksi Cruyff dan tak bisa bereaksi saat Olsen mengembalikan bola pada Cruyff yang kemudian menceploskan bola dengan mudah ke dalam gawang.

Messi mengulangi hal yang sama saat Barcelona menghadapi Celta Vigo akhir pekan lalu. Messi memutuskan mengumpan penalti yang didapatnya ke arah kanan. Luis Suarez pun langsung menyambar bola dan menciptakan gol, menyisakan kebingungan di wajah pemain-pemain Celta. Perbedaan dengan Cruyff, bukan Messi menceploskan bola di aksi umpan penalti ini. (CNN)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *