oleh

Ini Penyebab Jerawat Terus Muncul di Tempat yang Sama

Meskipun terasa enak, mengeluarkan isi jerawat ibarat senjata makan tuan (cristi_m/Thinkstock)
Meskipun terasa enak, mengeluarkan isi jerawat ibarat senjata makan tuan (cristi_m/Thinkstock)

JAKARTA I Bisa tidak Anda memprediksi lokasi jerawat seakurat tanggal mentruasi selanjutnya? Beberapa orang memang mengalami jerawat tumbuh selalu di lokasi sama.

Untungnya, ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengakhiri jerawat keras kepala yang bikin frustasi tersebut, kata Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis dermatologis di Mount Sinai Hospital, New York City.

Apa saja yang perlu diketahui tentang jenis jerawat menjengkelkan, juga bagaimana membuang jerawat itu selamanya.

Si bandel jerawat kista

Jerawat bengkak dan tidak pernah muncul sendirian kerap disebut sebagai jerawat kista. Jerawat kista terkenal karena selalu muncul di tempat yang sama persis, kata Zeichner. Mereka berkembang ketika pori-pori seseorang, yang bentuknya seperti tabung panjang, bercabang keluar. Menyebabkan minyak memutar dari jalurnya ke permukaan kulit.

Saat itu terjadi, minyak membentuk bentuk seperti balon di bawah kulit. Dia mengembang dan mengempis tergantung berapa banyak minyak yang diproduksi, katanya menjelaskan seperti dilansir laman NY Mag.

Jerawat kista mengubah struktur kulit. Sehingga, tak ada cara untuk mengobatinya sendiri, ucap Zeichner. Itu berarti, seseorang harus menunggu jerawat keluar atau bertemu dengan dokter kulit untuk mengobatinya.

Kemungkinan dokter akan memberikan suntikan kortison. Terutama ketika seseorang hanya mendapat satu atau dua jerawat dalam satu bulan. Jika tidak, dia mungkin meresepkan obat untuk menyembuhkan jerawat itu.

Mengeluarkan isi jerawat yang berbahaya

Meskipun terasa enak, mengeluarkan isi jerawat ibarat senjata makan tuan. Sekali saja Anda memeras isi putih jerawat sampai dia meledak, kemungkinan ada sisa penyumbatan yang tidak sepenuhnya terangkat. Artinya, jerawat bisa kembali meradang, ucap Zeichner.

Iritasi menyebabkan jerawat lain muncul tepat di sebelah jerawat sebelumnya. “Mungkin tampak seperti jerawat yang sama, tetapi tidak.”

Untuk mencegah pori-pori terblokir lagi gunakan pengobatan asam salisilat. Pengobatan ini menghilangkan minyak berlebih dan menjaga pori-pori bersih. Bisa juga memakai pengobatan yang diaplikasikan di titik jerawat. Produk obat mengandung benzoyl peroxide dapat membunuh bakteri yang pada kulit penyebab jerawat.

Kebiasaan jorok bisa disalahkan. Memencet jerawat di saat stres atau sekadar iseng, membuat jerawat timbul persis di tempat yang sama berulang-ulang, kata Zeichner menjelaskan.

“Menyentuh wajah berulangkali di daerah yang sama bisa mendorong kotoran dan minyak ke dalam pori-pori pad area tersebut, sehingga menyebabkan jerawat,” lanjutnya.

Selain menghilangkan kebiasaan memencet jerawat, Zeichner merekomendasikan produk berbasis asam salisilat, serta menggabungkan perawatan benzoil peroksida dalam keseharian untuk membunuh bakteri yang tertinggal.

Salahkan periode mentruasi

Jika Anda pikir periode menstruasi salah satu penyebab jerawat mengganggu ini. Zeichner berkata, banyak perempuan berjerawat pada bagian sepertiga dari wajah mereka atau dari hidung ke bagian bawah wajah saat datang bulan.

“Mungkin kelenjar minyak di bagian wajah Anda jadi lebih sensitif terhadap hormon. Banyak perempuan juga timbul jerawat di daerah lain, seperti leher dan dahi selama periode menstruasi. ”

Gunakan pembersih asam salisilat sebelum periode menstruasi. Tujuannya untuk menghilangkan kelebihan minyak, sehingga pori-pori tetap bersih ketika hormon sedang tak keruan. (CNN)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *