oleh

Pemkab OKU Anggarkan Rp 2,1 Miliar untuk Pilkades Serentak

BATURAJA I Terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di kabupaten OKU yang akan dilaksanakan secara serentak, pemerintah kabupaten OKU melalui Badan Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (BPMPD) OKU menganggarkan dana sebesar Rp 2,1 Milyar, guna terselenggaranya kegiatan tersebut.

Kepala BPMPD OKU Wibisono MM melalui kepala Bidang Pemerintahan desa M Kholid SPd menyatakan, dana 2 milyar yang dicanangkan tersebut akan dibagikan langsung kepada panitia pilkades yang tersebar di 57 desa di 13 kecamatan dikabupaten OKU.

“Dana akan dibagi rata sesuai dengan kebutuhan, tahap awal akan dibagikan sebesar 20 juta perdesa, atau sebesar 1.140.000.000, sisanya nanti akan dibagi sesuai jumlah potensi pemilih,” terang kholid

Menurutnya, pembagian dana sesuai jumlah DPT tersebut dirasa akan memberikan keadilan. karena potensi pemilih yang besar tentu membutuhan cos operasional yang besar juga dalam pelaksanaan pilkades, misalnya dalam pengadaan surat suara.

Dirinya menambahkan, sesuai dengan peraturan bupati (perbup) OKU No 32 tahun 2015 tentang petunjuk tekhnis pelaksanaan pilkades, pendanaan pilkades dibebankan pada APBD Kabupaten OKU. mulai dari honorium panitia pelaksana, logistik pilkades, hingga kondumsi dibebankan pada APBD kabupaten OKU.

“Diberikan secara utuh, nanti panitia pilkades di desa diberikan ruang untuk mengatur keuangan pilkades itu sendiri,” tambahnya.

sementara saat disinggung mengenai jadwal pelaksanaan pilkades serentak tersebut, dirinya masih belum mau memberikan keterangan pasti.

“Yang jelas antara bulan Juni atau juli pilkades akan dilaksanakan, kita panitia tingkat kabupaten masih akan menggelar rapat untuk penetapan jadwal pasti pilkades,” pungkasnya. (Deni A. Saputra)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *