oleh

Kabupaten OKI Kekurangan 1000 PNS

Sekretaris BKD OKI, Ibnu Hajar
Sekretaris BKD OKI, Ibnu Hajar

KAYUAGUNG I Banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun dan mutasi membuat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan kekurangan sebanyak 1000 PNS.

Kepala Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) OKI, Listiadi Martin melalui Sekretarisnya Ibnu Hajar mengakui kukrangan PNS tersebut. Menurutnya, OKI masih membutuhkan sekitar 1.000 pegawai baik dari tenaga teknis, kesehatan maupun tenaga pendidik.

Katanya, pada 2015 lalu sekitar 200 PNS yang pensiun sementara tahun ini ada sekitar 300 PNS yang sudah memasuki pensiun ditambahlagi jumlah PNS yang mutasi kedaerah lain yang mencapai ratusan. “2015 dan 2016 ini ada sekitar 500 PNS yang Pensiun sedangkan yang mutasi ada sekitar 100 PNS,” terang hajar.

Khusus untuk tenaga pendidik dan kesehatan kata Hajar, setidaknya dibutuhkan sekitar 500 PNS terutama guru penjaskes. “ Bisa disurvei disemua SD,SMP,SMA kita sangat kekurangan guru penjaskes karena kita sudah lama tidak mengangkat guru olahraga ditambah moratorium sejak 2014 lalu,”ungkapnya.

Ditambahkannya, Jika tidak melakukan penerimaan CPNS jalur umum, pihak BKD berharap usulan pengangkatan 903 honorer K2 untuk diangkat menjadi CPNS dapat dikabulkan. “Sudah banyak usulan yang masuk dari beberapa SKPD di jajaran Pemkab OKI yang mengharapkan penambahan pegawai di instansi tersebut,”katanya.

Saat ini kata dia, Pihak BKD telah melakukan upaya dengan menyampaikan data analisis kebutuhan pegawai dan sudah disampaikan ke Menpan RB sehingga kedepan menpan bisa memberikan formasi yang lebih untuk Kabupaten OKI.

Terkait kekurangan tenaga PNS di Kabupaten OKI, Anggota DPRD OKI, Solahuddin Ja’far berharap, agar tahun ini ada pengangkatan CPNS terutama yang prioritas seperti tenaga pendidik dan kesehatan. “Kita berharap agar moratorium segera dihentikan, minimal untuk tenaga kesehatan dan tenaga pendidik karena itu yang prioritas,”katanya.

Politisi partai Nasdem ini juga berharap kepada pihak BKD untuk tak henti-hentinya mengusulkan kepda pemerintah pusat dengan analisis yang bisa meyakinkan sehingga kekurangan tenaga PNS di Kabupaten OKI bisa tertutupi. (Romi Maradona)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *