oleh

Pendataan Lahan Tol Kayuagung-Lampung Hampir Rampung

KAYUAGUNG I Pendataan Lahan yang terkena jalur Tol Kayuagung-Lampung oleh tim Survey dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan hampir rampung.

Saat ini tim secepatnya akan melaporkan hasil pendataan lahan tersebut ke Gubernur Sumsel. Kemudian diteruskan ke Kementerian Pekerjaan Umum untuk dilanjutkan ke proses pergantian lahan yang terkena pembangunan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) OKI, Hapis mengungkapkan, dua tim survey yang dibentuk sudah berjalan dengan baik untuk mendata lahan-lahan yang terkena jalur Tol Kayuagung-Lampung. Dari kedua tim tersebut, dilaporkan jika pendataan hampir selesai.

“Sekitar satu pekan lagi, pendataan bakal rampung. Apalagi target dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, pendataan lahan harus selesai dan sudah dilaporkan pada bulan Februari 2016,” ungkapnya.

Dilanjutkan, dari hasil pendataan yang dilakukan oleh Tim survey, tidak ditemukan satu lahanpun yang bersengketa. Apalagi mayoritas lahan yang terkena jalur tol tersebut adalah lahan perkebunan.

“Ada beberapa lahan perkebunan kelapa sawit milik perusahaan swasta, kemudian kebun karet dan lahan milih masyarakat. Tidak ada lahan yang kita temukan sedang bersengketa,” ungkapnya lagi.

Pihaknya berharap, proses pergantian lahan jalur tol berjalan cepat dan tidak ada hambatan. Ada beberapa persil lahan yang berdiri bangunan rumah, seperti di Desa Celikah, Arisan Buntal dan Kijang.

“Kalau lahan yang ada bangunannya, tentu selain lahan, bangunannya juga akan dihitung. Tetapi proses pergantiannya dilakukan oleh Pemerintah Pusat, kita hanya mendata saja,”ujarnya ketika dibincangi saat panen raya di desa Bandar Kecamatan Air Sugihan beberapa waktu lalu. (Romi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *