oleh

Pedestrian Sudirman Akan Dipercantik Seperti di Singapura

Ilustrasi
Ilustrasi

PALEMBANG I Pemerintah Kota Palembang bersama Pemprov Sumsel tahun ini bakal melakukan penataan kota Palembang. Terutama untuk penataan pedestrian (trotoar, red) di sepanjang Jalan Sudirman.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, untuk penataan pedestrian ini akan dilakukan di sepanjang Jl Sudirman mulai dari Pasar Cinde sampai Bundaran Air Mancur.

“Nanti akan diperlebar lagi, kalau sekarang mungkin hanya sekitar 3 meter, nanti akan dibuat menjadi 5 meter. Desainnya juga akan dipercantik, seperti pedestrian di Singapura,” kata Harno, kemarin (30/1/2016).

Menurut Harno, penataan pedestrian di jalan protocol tersebut memang jadi prioritas. Karena, selain untuk memberikan kenyamanan bagi pejalan kaki juga sekaligus mempercantik kawasan Sudirman, yang merupakan pusat kegiatan di kota Palembang.

“Sekarang kan pedestrian disana sudah rusak. Ada yang sampai hancur. Nah ini yang diperbaiki. Nanti, perbaikannya juga menyeluruh termasuk penataan parkir di Sudirman,” jelasnya.

Untuk dananya, lanjut dia, saat ini sudah disiapkan dana sebesar Rp 3 miliar dari APBN. “Tapi ini masih belum cukup, sekarang kami bersama Pemprov Sumsel juga terus berjuang untuk meminta dukungan dana pusat,” tandasnya.

Selain penataan di Sudirman, lanjut Harno, pihaknya juga akan melakukan penataan di Kawah Tengkurep, Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak dan kawasan 7 Ulu.

“Untuk BKB akan dibuat taman, sehingga jadi ruang terbuka hijau. Dananya sekitar Rp 5 miliar juga dari APBN. Nanti di BKB juga aka nada tugu Belido. Ya, kita akan buat seperti kawasan wisata Merlion Park di Singapura,” ujarnya.

Sementara Pembantu Satker Penataan Bangunan Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel, Darmizon menjelaskan, pedestrian di Jl Sudirman nanti didesain semenarik mungkin. Sehingga, nanti kawasan Sudirman jadi terkesan lebih hidup.

“Nanti akan ada jogging tracknya kemudian pedestriannya juga bisa dimanfaatkan untuk komunitas pada malam hari. Begitu juga dengan penataan taman di BKB, yang juga akan dikerjakan tahun ini,” tukasnya.(Supardi)

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *